Inilah Cara menghitung IPK

Sunday, December 16th 2012. | Lain-lain
advertisement

Cara menghitung Ipk

Cara menghitung Ipk -IPK atau di sebut dengan Indeks Prestasi Kumulatif. Sehingga pengertian dari IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif itu sendiri adalah angka yang menunjukkan prestasi seseorang dari belajar (mahasiswa) maupun di tempat bekerja. Berikut kita akan belajar Cara menghitung Ipk.

Cara menghitung Ipk

Cara menghitung Ipk

Cara menghitung Ipk

Keterangan dari Cara menghitung Ipk Excel :

JUMLAH SKOR maka kita masukkan formula : =(C2+D2+2*E2)/4, untuk baris yang berikutnya kita dapat mengcopy rumus  dengan menyorot cell pertama lalu men-drag hingga cell yang di inginkan.

NILAI PARTISIPASI kita menggunakan formula IF yaitu : =IF(F2=0,10%*G2,IF(F2=1,7.5%*G2,IF(F2=2,5%*G2,IF(F2=3,2.5%*G2,IF(F2>=4,0))))), untuk baris yang berikutnya kita dapat mengcopy rumus  dengan menyorot cell pertama lalu men-drag hingga cell yang di inginkan.

 NILAI ANGKA yaitu dengan mengetikkan rumus : =G2+H2 atau dengan menjumlah nilai partisipasi dan jumlah skor. Dan untuk baris yang berikutnya kita dapat mengcopy rumus  dengan menyorot cell pertama lalu men-drag hingga cell yang di inginkan.

NILAI MUTU kita dapat menggunakan formula IF dengan mengetikkan rumus : =IF(I2<50,”E”,IF(I2<60,”D”,IF(I2<70,”C”,IF(I2<85,”B”,IF(I2>=85,”A”))))), untuk baris yang berikutnya kita dapat mengcopy rumus  dengan menyorot cell pertama lalu men-drag hingga cell yang di inginkan.

 MUTU kita juga menngunakan rumus IF dengan mengetikkan rumus : =IF(J2=”A”,4,IF(J2=”B”,3,IF(J2=”C”,2,IF(J2=”D”,1,IF(J2=”E”,0))))) Dan untuk baris yang berikutnya kita dapat mengcopy rumus  dengan menyorot cell pertama lalu men-drag hingga cell yang di inginkan. Untuk mencari MUTU*SKS dengan memasukkan rumus : =K2*B2, untuk baris yang berikutnya kita dapat mengcopy rumus  dengan menyorot cell pertama lalu men-drag hingga cell yang di inginkan.

Sebelum mencari IP mahasiswa kita mencari dulu jumlah dari MUTU*SKS dan jumlah dari SKS. Untuk mencari jumlah MUTU*SKS kita mengetikkan rumus : =SUM(L2:L10), sedangkan untuk mencari jumlah dari SKS kita juga menggunakan rumus yang sama hanya Range cellnya berbeda, yaitu : =SUM(B2:B10)

Untuk mencari IP, kita membagi hasil dari jumlah mutu*sks dan jumlah sks, sehingga rumusnya : =L11/B11 IP=  =  , predikat kelulusan : baik

PREDIKAT KELULUSAN kita juga menggunakan rumus IF yaitu : =IF(L12<2,”Tidak Lulus”,IF(L12<2.5,”Cukup”,IF(L12<3,”Baik”,IF(L12<3.5,”Memuaskan”,IF(L12>=3.5,”Sangat Memuaskan”)))))

Artikel yang terkait dengan Cara menghitung Ipk, kepanjangan ipk, pengertian ipk, cara menghitung ipk dengan excel, cara menghitung ipk ui, cara menghitung ipk akhir, rumus hitung ipk

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Inilah Cara menghitung IPK