Cara Menghitung Usia Kehamilan Sendiri

Monday, December 17th 2012. | Lain-lain
advertisement

cara menghitung usia kehamilanAnda seorang ibu hamil? Ada baiknya anda mengetahui usia kehamilan anda. Apabila anda mengetahui cara menghitung usia kehamilan akan dapat mengetahui usia kehamilan yang dapat membantu Anda mengetahui proses perkembangan yang sedang berlangsung dalam tubuh, perkembangan janin bayi, serta mendeteksi kelainan yang mungkin terjadi. Anda membandingkan tanda-tanda normal ditiap usia kehamilan dengan yang komdisi normal dan sehat yang sehrusnya terjadi. Selain itu dengan mengetahui usia kehamilan anda bisa menentukan upaya terbaik untuk ibu dan si calon bayi yang bisa dilakukan sesuai usia kandungan seperti konsumsi makanan, jenis olah raga, pantangan aktivitas, dan lain-lain.

 

Berikut cara menghitung usia kehamilan sendiri.

1. Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Siklus Haid
Wanita mengalami siklus menstruasi secara teratur setiap 21-35 hari, hari pertama siklus haid terakhir dapat dijadikan dasar untuk menentukan taksiran usia kehamilan dan taksiran tanggal lahir. Perkiraan Persalinan bisa dihitung dengan Rumus Naegle

Tambah tanggal Mens terakhir dengan 7, dan mengurangi Bulan dengan 3. (tanggal perkiraan lahir=hari men +7, Bulan -3 dari mens terakhir)

Contoh
hari pertama siklus haid terakhir haid anda adalah 4 Maret 2012 dan siklus haid Anda 25 hari sekali, teratur tiap bulan, maka taksiran persalinan adalah 11 Desember 2012,(tanggal 11 didapat dari tanggal 4 + 7, bulan Desember didapat dari Maret dikurangi 3bulan). cara menghitung usia kehamilan dan tanggal kelahiran ini hanya bisa dipakai oleh anda yang punya siklus haid teratur. Lalu bagaimana menghitung usia kehamilan apabila siklus haid anda tidak teratur? Bisa menggunakan USG, yang dibahas nomor 3.

2. Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Gerakan Bayi
Cara ini bisa jadi alternatif namun kurang begitu akura. walaupun bayi sudah bergerak dalam kandungan ibu hamil lebih dini, Secara garis besar Gerakan bayi bisa dirasakan oleh ibu hamil pada usia kehamilan sekitar 20 minggu. Nah ketika ibu hamil pertama kali merasakan gerakan bayi, maka itu bisa dijadikan patokan bahwa usia kehamilan mencapai 20 minggu.

3.Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan USG
USG adalah USG diagnostik berbasis teknik pencitraan medis yang digunakan untuk memvisualisasikan otot, tendon, dan organ internal banyak, untuk menangkap ukuran mereka, struktur dan setiap lesi patologis dengan gambar real time tomografi. Hasil USG pada 3 bulan pertama dapat dijadikan sebagai dasar menentukan usia kehamilan dan perkiraan melahirkan. Pada kasus siklus menstruasi tidak teratur, hasil USG pada trimester pertama dapat dijadikan taksiran dengan angka kesalahan kurang lebih 2 hari. lebih baik lagi bila dikombinasikan dengan hasil USG tiap trimester berikutnya akan lebih menambah keakuratan usia kehamilan.

itulah tadi cara menghitung usia kehamilan anda. Semoga cara menghitung usia kehamilan tadi bisa membantu anda dalam memberikan yang terbaik bagi anda dan si calon buah hati.

Pencarian terkait : Cara menghitung usia kehamilan, cara menghitung usia kandungan yang benar, mengetahui usia kandungan, cara mengetahui usia kehamilan, cara dan metode perhitungan kehamilan, bagaimana menghitung usia kehamilan, rumus menghitung usia kehamilan, cara menghitung usia kehamilan

2 Responses to “Cara Menghitung Usia Kehamilan Sendiri”

  1. [...] terkait : Rumus menghitung umur di excel, cara menghitung usia, cara menghitung perbandingan umur, cara menghitung umur kehamilan, cara menghitung umur [...]

  2. [...] penulis salah satu manfaat efek doppler ialah untuk keperluan USG Janin pada saat kehamilan. Dikenal ada yang namanya USG Doppler yang merupakan proses pencitraan kondisi janin dengan [...]

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Cara Menghitung Usia Kehamilan Sendiri