Persamaan Garis dan Gradien

Thursday, February 28th 2013. | rumus matematika
Advertisement
Persamaan Garis dan Gradien

Persamaan Garis dan Gradien

Persamaan Garis dan Gradien

Persamaan Garis dan Gradien –Berikut adalah artikel sederhana tebtabf Persamaan Garis dan Gradien yang mungkin bias membantu Anda dalam hal pengertian dan langkahnya. Persamaan garis lurus dapat ditulis dalam bentuk y = mx + c dengan m dan c suatu konstanta. Persamaan garis yang melalui titik (0, c) dan sejajar garis y = mx adalah y = mx + c.

Langkah Persamaan Garis dan Gradien

Langkah-langkah menggambar grafik persamaan y = mx atau y = mx + c sebagai berikut:

  • Tentukan dua titik yang memenuhi persamaan garis tersebut dengan membuat tabel untuk mencari koordinatnya.
  • Gambar dua titik tersebut pada bidang koordinat Cartesius.
  • Hubungkan dua titik tersebut, sehingga membentuk garis lurus yang merupakan grafik persamaan yang dicari.

Gradien suatu garis adalah bilangan yang menyatakan kecondongan suatu garis yang merupakan perbandingan antara komponen y dan komponen x. Garis dengan persamaan y = mx memiliki gradien m dan melalui titik (0, 0). Garis dengan persamaan y = mx + c memiliki gradien m dan melalui titik (0, c). Garis dengan persamaan ax + by + c = 0 memiliki gradien (-a/b).

Gradien garis yang melalui titik (x1, y1) dan (x2, y2) adalah (y2-y1)/(x2-x1). Gradien garis yang sejajar sumbu X adalah nol. Gradien garis yang sejajar sumbu Y tidak didefinisikan. Garis-garis yang sejajar memiliki gradien yang sama. Hasil kali gradien dua garis yang saling tegak lurus adalah –1.

Persamaan garis yang melalui titik (x1, y1) dan bergradien m adalah y – y1 = m(x – x1). Persamaan garis yang melalui titik (x1, y1) dan sejajar garis y = mx + c adalah y – y1 = m(x – x1). Persamaan garis yang melalui titik (x1, y1) dan tegak lurus garis y = mx + c adalah y – y1 = (-1/m)(x – x1).

Persamaan garis yang melalui dua titik dapat diselesaikan dengan substitusi ke fungsi linear y = ax + b. Persamaan garis yang melalui titik A(x1, y1) dan B(x2, y2) adalah (y-y1)/(y2-y1)=(x-x1)/(x2-x1).

Demikian artikel singkat tentang Persamaan Garis dan Gradien, semoga bermanfaat untuk hal dasar Anda. Penelusuran yang terkait dengan Persamaan Garis dan Gradien, rumus persamaan garis dan gradien, gradien persamaan garis lurus, rumus gradien persamaan garis, gradien dan persamaan garis lurus

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Persamaan Garis dan Gradien