Cara Cepat Copy Paste Rumus Excel

Tuesday, July 16th 2013. | rumus excel

Trik Cepat Copy Paste Rumus Excel - Selamat malam sobat hitung, kali ini rumushitung ingin share tentang excel yaitu cara copy paste rumus excel dengan cepat misalnya macam rumus excel if atau rumus kondisional lainnya. Mungkin ini sangat sederhana tapi semoga membantu pekerjaan di kantor seperti yang rumushitung rasakan. Pada dasarnya copy paste rumus excel bisa dilakukan dengan melakukan double click pada kotak hitam di pojok kanan bawah dari sel yang sudah ada rumusnya. Silahkan sobat hitung amati gambar di bawah ini

cara copy paste rumus excel dengan double click

untuk mengisi kolom supplier tinggal double click pada kotak hitam. Cara ini memang sangat mudah tapi masih ada kekurangannya. Jika sel yang dijadikan referensi rumus atau sel di samping kiri sel tempat copas kosong maka ia akan berhenti. Coba amati gambar di bawah ini

kasus sel kosong

Kalau ngga ada kosongnya bakal aman-aman saja sob, atau kosongnya cuma beberapa juga belum jadi masalah. Kalau kosongnya banyak? Sobat yang masih awam tentang excel pasti aga keteteran. Takutnya di bagian bawah ada yang tidak ter copy kan rumusnya.

Alternatif Copy Paste Rumus Excel dengan Cepat

Kelemahan double click dapat di atasi dengan men-drag kotak di kanan bawah sel. It’s okey lah pakai cara ini jika datanya hanya  puluhan atau ratusan sih gpp. Tapi bagaimana kalau datanya sampai berpuluh ribu seperti data penjualan atau purchase order. Bakal lama banget nariknya. Aga tidak efisien waktu dan tenaga.

Cara Terbaik Copy Paste Rumus Excel

Inilah cara terbaik menurut pengalaman rumushitung di kantor. Pada prinsipnya caranya adalah “mencopy sel yang sudah kita rumus, blok seluruh sel yang ingin kita copy paste rumusnya kemudian kita paste.”. Memblok? Kalau datanya sampai puluhan ribu gimana? Lama dong? dalam excel sobat bisa menggunakan kombinasi shortcut shift dengan pagedown. Tapi sekali lagi itu masih sangat lama sekali pagedown hanya bisa memblok 17 sel ke bawah. Sobat bisa menggunakan Ctrl+Shift+panah  kebawah dengan sedikit modifikasi. Sebenarnya Ctrl+Shift+panah ke bawah bisa digunakan untuk memblok seluruh data sampai data yang terakhir. Tapi gimana memblok sel yang belum ada isinya (belum dicopasin rumus). Jika sobat menggunakan Ctrl+Shift+ panah kebawah pada area kosong di bawah sel yang telah jadi rumusnya makan sobat akan nyasar ngeblok samapai baris  65536 (alias bari terakhir).

nyasar ke sel terakhir

Cara mensiasatinya adalah

  • Copy sel yang telah selesai rumusnya
  • Sobat geser kursor ke kolom sebelah kiri atau kanan yang kolom tempat sel yang akan dicopasin rumus.
  • Tekan Ctrl+panah kebawah hingga sobat sampai pada sel paling bawah.
  • Geser kursor ke kolom tempat rumus yang akan di copas.
  • Tekan Ctrl_Shift+ panah ke atas hingga keblok semua sel, jika kelebihan tinggal tekan shift+panah kebawah
  • Tekan Ctrl+V dan taraaa rumus sobat sudah tercopypaste dengan cepat dan akurat.

Hehehe sederhana tapi aga membingungkan kalau ditulis. Berikut ini video tutorialnya.







Yuk Bagikan

One Response to “Cara Cepat Copy Paste Rumus Excel”

  1. WONDHO EZ says:

    Berguna sekali gan.. trims coppy rumusnya… kbtulan lg cari referensi tentang ini..

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Cara Cepat Copy Paste Rumus Excel