Air Raksa

Wednesday, November 5th 2014. | kimia

Pernahkan sobat melihat air raksa? Di sekolah SMP maupun SMA mungkin kita pernah mendengar apa itu air raksa. Air ini biasanya digunakan dalam termometer yang kemudian dinamakan termometer air raksa. Air raksa adalah salah satu unsur di jagat raya ini. Raksa adalah unsur logam berat yang mempunyai warna putih keperakan. Air raksa juga dikenal dengan merkuri atau hydragyrum. Dalam kondisi suhu kamar ia berbentuk cair atau bentuk garam kristalnya. Dalam bentuk cair unsur ini tidak berbau tapi uapnya sangat beracun. Air raksa banyak dijumpai pada termometer, barometer, termostats, saklar listrik, dan juga beberapa dijumpai dalam kandungan tambalan gigi.

termometer air raksa

Ketika merkuri dilepaskan dari hasil limbah industri ke udara ia bisa mengendap dan tersimpan di tanah atau dasar perairan. Akibatnya zat ini banyak dikonsumsi oleh hewan air terutama ikan yang menjadikannya berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia. Merkuri organik adalah bentuk paling beracun dari unsur air raksa dan biasa digunakan untuk membunuh jamur dan pengawet produk kayu dan kertas. Di rumah unsur air raksa juga bisa dijumpai dalam lateks dan cat.

Sifat Fisik dan Kimia Air Raksa

Berikut tabel lengkap mengenai sifat dan kegunaan dari air raksa.

Overview
Nama Unsur:Mercury
Simbol:Hg
Nomor Atom:80
Kelompok:Logam
Golongan:2b
Properti Atom
Berat Atom:200,59
Densitas:13.546 g/cm3
Struktur Kristal:Rhombohedral
Kofigurasi Elektron:2,8,18,32,18,2
Elektron Valensi:1,2
Orbital:[Xe] 4f14 5d10 6s2
Jari-jari Atom:1.76 Angstrum
Jari-jari Ion:1.02 (+2) Angstrum
Volume Atom:14.82 cm3/mol
Elektronegativitas:2
Energi Ionisasi I:10.4375 V
Energi Ionisasi II:18.759 V
Energi Ionisasi III:34.202 V
Bilangan Oksidasi:(2),1
Termodinamika
Titik Didih:356.58°C
Titik Lebur:-38.87°C
Kalor Jenis:0.139 J/gK
Kalor Uap:59.229 kJ/mol
Kalor Lebur:2.295 kJ/mol
Konduktivitas Panas:0.0834 W/cmK
Sejarah
Penemu:Ar-Razi
Tahun:Peluruhan Batuan
Sumber
Hampir semua merkuri berasal dari sulfida cinnabar (HgS).
Kegunaan
Digunakan dalam termometer, barometer, dan baterai. Juga digunakan dalam listrik switch dan produk lampu uap raksa.

 

sifat dan kegunaan air raksa

Air Raksa

Kegunaan Air Raksa

Logam merkuri atau air raksa memiliki cukup banyak kegunaan. Karena densitasnya yang tinggi, unsur kimia ini sering digunakan dalam barometer dan manometer. Air raksa memiliki koefisien muai yang cukup stabil dalam rentang suhu yang cukup lebar sehingga banyak digunakan sebagai cairan pengisi termometer.

Di dunia industri, air raksa digunakan sebagai elektroda cair dalamm pembuatan kalium dan natrium hidroksida melalui proses elektrolisis garam. Unsur berlambang Hg ini juga digunakan dalam beberapa peralatan listrik seperti saklar, rectifier, dan sebagai katalis reaksi.

Beberapa senyawa yang mengandung air raksa mempunyai manfaat. Kalomel (Hg2Cl2) digunakan sebagai standar dalam pengukuran elektrokimia dan obat pencahar. Merkuri Klorida digunakan sebagai racun pembunuh serangga, tikus, dan diinfektan. Senyawa oksida dari air raksa juga digunakan dalam salep kulit. Merkuri sulfat digunakan sebagai katalis dalam reaksi kimia organik.

Keberadaan Air Raksa di Alam

Senyawa air raksa di alam jumlahnya terbatas. Senyawa ini ditemukan secara alami dalam bentuk senyawa loga, senyawa garam merkuri, dan senyawa raksa organik. Sumber utama air raksa adalah senyawa HgS. Produksi air raksa di dunia mencapai 8000 ton pertahun.

Unsur air raksa bisa dihasilkan secara alami melalui proses alam dan juga hasil dari aktivitas manusia. Secara alami, raksa dihasilkan dari perusakan mineral di bebatuan dan tanah akibat terpaan angin dan air. Jumlahnya cenderung tetap setiap tahunnya. Sebagian besar air raksa dilepaskan ke alam akibat aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil, hasil tambang, dan pembakaran sampah.







Yuk Bagikan
tags:

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Air Raksa