Medan Magnet di Sekitar Magnet

Tuesday, January 20th 2015. | rumus fisika

Medan Magnet – Jika sobat menaruh sebuah paku payung kecil di dekat sebuah magnet, apa yang akan terjadi? Sudah pasti paku tersbut akan tertarik ke arah magnet karena ia dipegaruhi oleh gaya magnet dalam suat wilayah yang disebut medan magnet. Wilayah ini adalah daerah disekitar magnet yang masih dipengaruhi gaya tarik oleh magnet.

Definisi Medan Magnet

Yang dinamakan medan magnet adalah ruang (3 dimensi) disekitar sebuah magnet sedemikian sehingga benda-benda feromagnetik  yang diletakkan di ruangan ini akan terpengaruh gaya magnetik yang ditimbulkan magnet tersebut. Setiap magnet punya medan magnetnya sendiri-sendiri. Semakin kuat magnet maka makin luas ruang medan magnet yang dimilikinya. Sebuah medan magnet dapat ditimbulkan baik oleh magnet permanen dan muatan bergerak (termasuk arus listrik). Di berbagai tempat di permukaan bumi bisa menjadi medan magnet ketika di sana ada magnet bumi.

Garis-Garis Medan Magnet

Keberadaan medan magnet dalam sebuah ruangan dapat dilukiskan dengan menggunakan garis-garis khayal yang disebut garis medan magnet dengan satuan standard internasional Weber (Wb). Dalam melukis garis-garis medan magnet tidak bisa seenaknya karena ada aturan-aturan garis magnet sebagai berikut:

  1. Garis-garis medan magnet tidak akan pernah saling berpotongan.
    Salah satu keunikan garis medan magnet adalah tidak akan pernah memotong satu sama lain. Masing-masing garis punya orbit sendiri-sendiri dan tidak akan melintang melewati orbit garis medan magnet yang lain. Coba sobat perhatikan gambar berikut:   garis medan tidak berpotongan
  2. Garis-garis medan magnet keluar dari kutub utara dan masuk ke dalam kutub selatan. Untuk mudah mengingatnya bisa menggunakan jembatan keledai “Kumis” (keluar utara masuki selatan). Di dalam magnet, garis-garis medan medan magnet mengarah dari kutub Selatan ke kutub utara. garis medan magnet dari utara ke selatan
  3. Ruang disekitar magnet yang garis-garis magnetnya rapat menunjukkan medan magnet di ruang tersebut lebih kuat. Sebaliknya, ruang di sekitar medan magnet yang garis-garis medannya renggang menunjukkan medan magnetnya lebih kecil. Medan magnet paling besar berada di ujung-ujung magnet. Disitulah ruang dimana garis-garis medan magnet paling rapat.
    sifat 3

Kuat Medan Magnet

Kuat medan magnet adalah besarnya garis-garis gaya magnet (weber) persatuan luas (m2). Kuat Medan Magnet di rumuskan

H = Weber/m2

Contoh Soal
Buat melatih pemahaman sobat tentang medan magnet silahkan dijawab beberapa pertanyaan dasar di bawah ini:

  1. Perhatikan gambar di bawah ini, benarkah gambar garis mendan magnet gambat tersebut? Sebutkan alasanmu!
  2. Jika ada sebuah magnet berbentuk batangan, pada bagian manakah yang medan magnetnya paling lemah?
    a. Tengahd. Ujung
    b. Tepie. Kutub
    c. Pinggir
  3. Bagimana hubungan antara kuat mendan magnet dengan banyaknya garis gaya magnet?

    Jika sobat telah menemukan jawaban dari 3 pertanyaan di atas, jangan ragu-ragu untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan selamat belajar.







Yuk Bagikan
tags:

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Medan Magnet di Sekitar Magnet