Menggunakan Rumus Excel Vlookup

Tuesday, May 26th 2015. | rumus excel

Menggunakan Rumus Excel Vlookup – Microsoft excel mempunyai banyak rumus atau fungsi untuk mengolah data. Salah satunya adalah fungsi lookup. Fungsi ini berguna untuk mencari sebuah nilai yang ada di sebuah kolom atau baris dari suatu tabel. Fungsi lookup dibedakan menjadi dua jenis yaitu Vlookup dan Hlookup. Kata Vlookup mewakili vertical lookup dan Hlookup mewakili horizontal lookup. Kali ini kita akan belajar bersama tentang rumus excel vlookup.

Rumus Excel Vlookup

Rumus vlookup berfungsi untuk mencari sebuah nilai pada kolom pertama dari sebuah tabel dan mencocokannya dengan nilai yang dicari pada baris yang sama di kolom yang berbeda. Sederhananya, mencari sebuah nilai pada kolom tujuan dengan mengacu sebuah nilai pada kolom acuan (kolom pertama) pada satu baris yang sama.

Penulisan Rumus Vlookup

 

= Vlookup (lookup_value,table_array,num_col_indeks,range_lookup)

atau

= Vlookup (nilai yang dilookup,table lookupan, no kolom, 0)

Keterangan

Lookup Value (Nilai yang dilookup)
adalah sebuah value yang akan dijadikan nilai acuan untuk mencari nilai di kolomyang lain. Jika lookup value ada di kolom pertama pertama tabel array, maka akan muncul hasil lookup. Jika lookup value tidak ada di kolom pertama tabel array maka hasilnya adalah #N/A

Tabel Array (Tabel untuk Lookup)
Sebuah tabel yang terdiri dari dua atau lebih kolom tempat data pencarian lookup berada. Kolom pertama table array berisi Lookup Value. Data yang berada di dalam tabel array bisa berupa teks, angka, dan logika rumus. Uppercase dan lowercase dianggap sama (non case sensitive).

Colum Index Number (Nomor kolom letak value yang dicari)
Nomor kolom ini dihitung dari kolom pertama tabel array . Dinomori mulai dari 1 dan seterusnya. Jika ditulis 2 maka mengacu pada kolom kedua dari tabel array. Jika sobat memasukkan nomor kolom yang lebih besar dari jumlah kolom yang ada di tabel array akan muncul pesan #REF!.

Range Lookup
Range lookup ada dua jenis

a. TRUE atau 1
jika dimasukkan true atau angka 1 jika lookup value ada maka akan menghasilkan nilai yang benar. Akan tetapi jika lookup value tidak ada di kolom pertama tabel array maka yang dilookup adalah nilai terbesar di bawah nilai lookup value (nilai terdekat) dengan syarat kolom pertama tabel array di sort secara ascending.

b. FALSE atau 0
Jika range lookup sobat isi dengan FALSE atau angka 0 hasilnya hanya akan memberikan exact match dengan lookup value tanpa perlu adanya sortasi apapun. Jika di kolom pertama ada lebih dari satu lookup value yang sama maka diambil yang paling atas. Perhatikan gambar di bawah ini:

Baca Juga : rumus excel if dan penggunaannya

vlookup dengan lookup value dobel

Contoh Penggunaan

Perhatikan tabel di bawah ini:

contoh penggunaan rumus excel vlookup
Ketika mencari jenis barang menggunakan rumus

= vlookup (G11;A12:C16;2;0)

keterangan
G11 = lookup value
A12:C16 = tabel array
2 = nomor kolom letak data jenis barang
0 = Range Lookup untuk exact match

Ketika mencari harga berang menggunakan rumus

= vlookup (G11;A12:C16;3;0)

rumusnya sama seperti pada jenis barang hanya berbeda di nomor indeks kolom, untuk data harga menggunakan kolom nomor 3.

Vlookup menggunakan Function Wizard

Selain dengan menulis manual rumus di cell tertentu, melakukan operasi vlookup bisa menggunakan function wizard. Kelebihan cara ini adalah bisa mengurangi kesalahan dalam penulisan rumus. Berikut langkah-langkahnya

1. Pilih sel tempat dimana hasil lookup akan ditampilkan, kemudian

  • untuk microsoft excel 2007, 2010, 2013 pilih ribbon formula → klik icon insert function (bisa memakai shortcut SHIFT + F3)
  • untuk microsoft excel 2003 bisa dengan memilih menu insert → function
  • kemudian pilih kategori Lookup & Reference dan pilih function Vlookup

vlookup dengan function wizard

2. Masukkan cell atau range dan angka untuk mengisi Lookup Value, Table Array, Col Index Number, dan TRUE or FALSE untuk Range Lookup.

dialog box vlookup function wizard

3. Tekan enter.

Hal-hal Menarik Tentang Rumus Vlookup

  • Rumus vlookup ternyata jauh lebih banyak dan lebih sering kita digunakan dibandingkan dengan rumus Hlookup.
  • Kolom pertama tabel array yang digunakan harus berisi lookup value yang dijadikan acuan pencarian. Ia berfungsi sebagai id sehingga sobat tidak bisa meletakannya selain di kolom pertama tabel array.
  • Karena acuan pencarian harus ada di kolom pertama maka Vlookup tidak dapat mengarah ke kiri.
  • Rumus Vlookup ke arah kiri bisa diganti dengan kombinasi rumus index dan match (akan kita bahas di postingan selanjutnya)






Yuk Bagikan
tags:

2 Responses to “Menggunakan Rumus Excel Vlookup”

  1. budi says:

    gan, ane punya masalah ni…
    misal look_up value lebih dari satu, di cell 1 pakai look_up value pertama, trus di cell ke 2 yang saya inginkan nilai dari look_up value ke 2 jg, dst,,, bagaimana rumusnya?

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Menggunakan Rumus Excel Vlookup