Cara Menggunakan Rumus Excel IF Gabungan

Thursday, August 27th 2015. | rumus excel

Cara Menggunakan Rumus Excel IF Gabungan – Salah satu fungsi logika yang sering penulis dan sobat gunakan saat bekerja dengan excel adalah rumus excel if. Jika sobat penasaran dengan fungsi yang lain dari excel, kamu bisa membacanya di sini. Kembali ke pembahasan rumus excel if. Penggunaan logika if sering tidak stand alone menggunakan rumus itu sendiri. Rumus ini sering dikombinasikan dengan ISNA, ISERROR,OR,AND, dan termasuk dengan IF sendiri. Jika dalamm sebuah rumus atau logika ada lebih dari satu IF sobat bisa menyebutnya sebagai rumus excel IF gabungan.

Kapan rumus excel IF gabungan digunakan?

Fungsi if lebih dari satu digunakan ketika ada lebih dari dua kondisi yang bisa berlaku untuk memunculkan data tambahan dari suatu data. Jika kondisinya cuma dua sobat bisa diselesaikan dengan hanya satu if, kondisi benar dan kondisi salah. Jika kondisi yang bisa berlaku lebih dari 2 maka sobat mau tidak mau harus menggunakan gabungan rumus if. Perhatikan contoh berikut:

No.Nama BuahWarna Buah
1Melon
2Jeruk
3Semangka
4Nanas
5Mangga

Dari tabel di atas, munculkanlah warna buah dengan ketentuan. Jika buah mangga maka warnanya kuning tua, jika semangka maka warnanya merah, jika nanas maka warnanya kuning, jika melon warnanya hijau muda, jika tidak termasuk buah yang disebutkan sebelumnya maka warnanya adalah orange.

Karena ada lebih dari dua kriteria yang bisa berlaku untuk data tabel buah di atas, maka sobat bisa menggunakan rumus excel if gabungan sebagai berikut.

=IF(B2=”mangga”;”kuning”;IF(B2=”semangka”;”merah”;IF(B2=”nanas”;”kuning tua”;IF(B2=”melon”;”hijau muda”;”orange”))))

Catatan Penting

  • Ketika akan menggabungkan rumus IF, IF selanjutnya ditulis setelah kondisi “value if true”
  • Jika ada n kondisi yang bisa berlaku sobat bisa hanya menggunakan (n-1) IF karena sisanya bisa menggunakan “value if false”
  • Jumlah kurung buka dan kurung tutup akan selalu sama dengan jumlah IF yang digunakan.

IF gabungan dengan kriteria rentang

Logical test yang digunakan dalam rumus if sangat beragam, bisa sangat variatif dan tidak melulu “=”. Misalnya dalam sebuah ulangan seorang guru ingin mengkonversi nilai siswa ke dalam huruf dengan kriteria sebagai berikut:

  • E jika nilai kurang dari sama dengan 55
  • D jika nilai mulai dari 56 s.d. 65
  • C jika nilai mulai dari 66 s.d. 75
  • B jika nilai mulai dari 76 s.d. 85
  • A jika nilai lebih dari 85

Untuk menyelesaikan persoalan di atas sobat bisa menggunakan rumus excel if digabungkan dengan rumus logika AND.

=IF(C2<=55;”E”;IF(AND(C2>55;C2<66);”D”;IF(AND(C2>65;C2<76);”C”;IF(AND(C2>75;C2<86);”B”;”A”))))

*perhatikan penggunaan angka batas bawah dan batas atas dari logika AND
Hasilnya seperti berikut:

rumus excel if gabungan

Solusi IF terlalu banyak

Adakalanya sobat menemukan kriteria yang terlalu banyak misal seperti kasusu tabel buah di atas. Jika kriteria yang ada sampai dengan puluhan maka akan kesulitan untuk meneylesaikannya menggunakan gabungan rumus if. Akan lebih mudah jika sobat membuat tabel referensi kemudian menggunakan rumus vlookup. Kita coba kerjakan tabel buah di atas dengan menggunakan vlookup sebagai pengganti if ganda.

1. Kita buat tabel referensi sesuai kriteria soal

ManggaKuning Tua
SemangkaMerah
MelonHijau Muda
NanasKuning

2. Memasukkan rumus Vlookup sebagi pengganti rumus if ganda

Khusus untuk kriteria value if  error bisa diganti dengan kombinasi rumus vlookup dengan ISNA. Rumus ini hanya bisa digunakan jika kriteria bersifat eksak nilai atau text bukan berupa rentang. Berikut rumus lengkapnya

=IF(ISERROR(VLOOKUP(B3;$E$3:$F$6;2;0));”orange”;VLOOKUP(B3;$E$3:$F$6;2;0))

Hasil yang diperoleh akan sama dengan menggunakan rumus excel if ganda. Perhatikan gambar berikut

vlookup sebagai penganti if ganda

Selamat mencoba rumus excel if gabungan di atas yak. Kalau ada yang hal yang belum jelas atau problem yang belum ketemu. Jangan ragu-ragu untuk menanyakannya melalui kotak komentar di bawah ini. “Malu bertanya kerja manual”.







Yuk Bagikan
tags:

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Cara Menggunakan Rumus Excel IF Gabungan