Mudahnya Menghitung Masa Kerja dengan Ms. Excel

Wednesday, September 2nd 2015. | rumus excel

Pada tutorial sebelumnya kita telah berbagi bagaimana cara menghitung umur dengan akurat menggunakan excel. Kali ini kita akan lanjutkan dengan trik bagaimana menghitung masa kerja. Penghitungan masa kerja sangat dibutuhkan untuk data SDM baik di PNS maupun swasta. Tidak dipungkiri masa kerja menjadi faktor pertimbangan dalam pemberian gaji, tunjagan, fasilitas, promosi dan sebagainya.

Bagimana cara menentukan masa kerja seseorang? Caranya sangat mudah. Anda bisa bayangkan apabila belum tahu caranya dan harus menghitung satu-satu dengan mengurangkan tanggal saat dihiutung dengan waktu seorang pegawai atau karyawan mulai bekerja. Untuk dapat menentukan berapa lama sesorang telah bekerja anda bisa menggunakan fungsi datedif. Jika anda ingin database masa kerja yang bisa bergerak otomatis bisa menggunakan kombinasi dated if dengan today(). Berikut Caranya:

Ilustrasi
“Bapak Zulham telah bekerja di perusahaan X sejak tanggal 12 Januari 1993. Hari ini staff di bidang personalia ingin mengetahui berapa masa kerja bapak zulham. Apa rumus yang harus dipakai oleh Staff personalia tersebut? Apakah harus menghitung secara manual?”

Si Staff personalia tidak perlu menghitungnya manual. Anda bisa membantunya menghitung masa kerja dengan menggunakan rumus

=DATEDIF(C3;TODAY();”Y”)

keterangan:
c3 = cell yang berisi tanggal mulai bekerja
Today () = tanggal hari ini
“Y” = format tampilan

tampilan data yang muncul akan seperti gambar berikut

mencari masa kerja dengan rumus excel

Format Today() mengacu pada tanggal hari ini. Format tersebut bisa anda ganti dengan tanggal yang diinginkan sesuai kebutuhan. Misalkan kita ingin mencari masa kerja pa Zulham Arbain pada tanggal 31 Desember 2017 bisa menggunakan rumus

=DATEDIF(C3;D1;”Y”)

D1 = cell yang kita isikan dengan tanggal 31/12/2017

hasilnya, masa kerja pak zulham sama dengan 24 tahun

durasi masa kerja per tanggal tertentu

Menyajikan Masa Kerja Lebih Informatif

Penyajian data yang lebih informatif akan lebih memudahkan penggunanya untuk mengambil keputusan. Nah, data masa kerja yang telah dihitung dengan menggunakan ms excel di atas bisa anda permak menjadi lebih informatif sebagai berikut:

a. Menambahkan Kata Tahun

Untuk menambahkan kata tahun cukup modifikasi rumusnya menjadi

=””&DATEDIF(C3;TODAY();”Y”)&” Tahun”

 menambahkan kata tahun

b. Menampilkan Durasi Masa Kerja s.d. Bulan dan Hari

Untuk lebih akurat anda bisa menambahkan durasi masa kerja dalam  bulan dan hari dengan menggunakan rumus sebagai berikut

=DATEDIF(C3;Today();”Y”) untuk tahun
=DATEDIF(C3;Today();”YM”) untuk bulan
=DATEDIF(C3;Today();”MD”) untuk hari

masing-masing data durasi tahun, bulan, dan hari bisa anda pisah di kolom yang berbeda atau dijadikan satu dengan tampilan lebih informatif dengan rumus

=””&DATEDIF(C3;TODAY();”Y”)&” tahun “&DATEDIF(C3;TODAY();”YM”)&” bulan “&DATEDIF(C3;TODAY();”MD”)&” hari”

Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

menampilkan durasi kerja sampai dengan hari

Perlu dicatat bahwa dengan menggunakan penambahan kata tahu, bulan, dan hari, angka yang tertera tidak bisa langsung digunakan untuk perhitungan matematis.

Cukup mudah kan, untuk menghitung masa kerja menggunakan microsoft excel. Banyak jalan menuju roma. Jika anda punya cara lain yang lebih bagus dan lebih cepat jangan ragu-ragu untuk membaginya melalui kotak komentar di bawah.







Yuk Bagikan

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Mudahnya Menghitung Masa Kerja dengan Ms. Excel