Menggambar Struktur Lewis Molekul Bermuatan

Wednesday, December 23rd 2015. | kimia

Kemarin kami telah membahas lengkap tentang apa itu struktur lewis dan cara menggambarnya untuk molekul yang tidak bermuatan atau muatannya netral. Kali ini kami lanjutan mengenai bagaimana cara menggambar struktur lewis untuk molekul yang memiliki muatan. Sebenarnya structur lewis untuk molekul tak bermuatan dengan molekul bermuatan hampir mirip yang membedakannya adalah jumlah elektron yang lebih banyak atau lebih sedikit. Berikut langkah-langkah yang bisa sobat lakukan:

Langkah 1 : Hitung semua elektron valensi dari setiap atom/unsur kemudian jumlah totalnya ditambah atau dikurangi muatan ion dari molekul tersebut. Misal molekul bermuatan -2 maka ditambah 2 elektron dan jika molekul bermuatan +3 maka jumlah elektron dikurangi 3.

Langkah 2 : Hitung semua elektron valensi setiap atom dan total apabila memenuhi kaidah oktet dan kaidah duplet.

Langkah 3 : Hitung selisih elektron valensi apabila aturan oktet dan duplet terpenuhi dengan elektron valensi sebenarnya (hasil langkah 3 – hasil langkah 1)

Langkah 4 : Hitung jumlah ikatan dengan cara membagi selisih elektron valensi dengan angka 2 (satu ikatan memerlukan dua buah elektron valensi)

Langkah 5 : Mulailah gambar ikatan atom dalam struktur lewis dengan jumlah ikatan sama dengan yang sobat dapatkan di nomor 4. Mulailah dengan menggambar lambang atom dan perhatikan jumlah ikatannya.
 

  • Atom Hidrogen dan Halogen dapat berikatan 1 kali
  • Kelompok oksigen dapat berikatan 1 kali, 2 kali, atau 3 kali
  • Kelompok nitrogen dapat berkatan 2 kali, 3 kali, atau 4 kali
  • Kelompok boron dapat berikatan sebanyak 4 kali
  • Kelompok karbon dapat berikatan sebanyak 4 kali

Tips : Usahakan untuk membuat ikatan tunggal terlebih dahulu baru jika kemudian masih diperlukan bisa ditambahkan ikatan lagi sampai aturan oktet dan duplet dipenuhi.

Langkah 6 : Hitunglah jumlah elektro bebas dalam struktur lewis dengan cara mengurangkan jumlah elektron valensi sebenarnya (hasil langkah 1) dengan jumlah elektron valensi yang digunakan untuk berikatan (hasil langkah 3)

Langkah 7 : Tentukan atom yang memiliki muatan dengan cara membandingkan jumlah elektron valensi dari struktur lewis dengan jumlah elektron valensi normalnya. Kita akan menguji ada tidaknya muatan pada setiap atom yang menyusun molekul tersebut sehingga kita akan tahu jika molekul tersebut ternyata bermuatan, atom mana yang menyumbang mutan dan mana yang tidak.

Untuk lebih memudahkan sobat, mari kita simak bersma contoh berikut ini.

 

Contoh Menggambar Struktur Lewis

“Coba sobat gambarkan struktur lewis dari molekul ion CO32-!”

Langkah 1 : Tentukan jumlah elektron valensi masing-masing atom dan totalnya (ingat termasuk muatan 2-)

 

Elektron valensi atom C= 1 x 4= 4 elektron
Elektron valensi atom O= 3 x 6= 18 elektron
Elektron valensi muatan 2-= 1 x 2= 2 elektron
Total = 24 elektron

 
Langkah 2 : Tentukan jumlah elektron valensi tiap atom dan total jika memenuhi aturan oktet dan duplet

 

Elektron valensi atom C= 1 x 8= 8 elektron
Elektron valensi atom O= 3 x 8= 24 elektron
Total = 32 elektron

 
Langkah 3 : selisih elektron valensi oktet/duplet dengan elektron valensi sebenarnya
Selisih elektron valensi = 32 – 24 = 8 elektron valensi

Langkah 4 : menghitung jumlah ikatan dengan mebagi selisih elektron valensi pada langkah 3 dengan angka 2
Jumlah ikatan = 8 : 2 = 4 ikatan

Langkah 5 : Menggambar struktur lewis
Jika dibambarkan struktur lewisnya maka atom C akan berperan sebagai atom pusat yang dikelilingi oleh 3 buah atom O, Setelah kita gambar ikatan tunggal di masing-masing atom C dengan O ternyata masih tersisa satu ikatan lagi. Dengan demikian akan ada 1 atom O yang berikatan rangkap dengan atom C.

ilustrasi struktur lewis

Langkah 6: Menentukan jumlah elektron bebas.
Jumlahnya dalah 42 – 8 = 16 elektron bebas. Jika diamati dari molekul ion CO32- , atom C pasti sudah akan memiliki delapan elektron sesuai aturan oktet (4 dari miliknya sendiri, 4 dari hasil ikatan). Pada atom O yang berikatan rangkap dengan atom C bisa mendapatkan sepasang elektron yang digunakan bersama sehingga sudah memenuhi aturan oktet juga. Sehingga memiliki 4 elektron bebas. Untuk dua atom O yang lain, karena masing-masing hanya berikatan tunggal sehingga masing-masing masih memiliki 5 elektron bebas. Total baru ada (2 x 5) + 4 = 14 elektron bebas, masih kurang dua elektron lagi yang belum diplotting. Dua elektro bebas yang belum diplotting bisa sobat letakkan di atom O disebelah kiri dan kanan.
ilustrasi 2

Langkah 7 : Menentukan atom manakah yang bermuatan.
Ketika ploging sudah selesai terlihat bahwa dua buah atom O yang ada di kanan dan kiri atom C memiliki kelebihan elektron valensi. Seharusnya atom O hanya memiliki 6 elektron valensi sedangkan dari strutur lewis terlihat atom O memiliki 7 elektron valensi. Jadi dua buat atom O tersebut masing-masing bermuatan -1 dan muatan totalnya adalah -2.
hasil akhir struktur lewis molekul ion hco32-

Sekian sobat materi menggambar struktur lewis untuk molekul bermuatan. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan langsung saja di corat-coret kolom komentar di bawah ini. Selamat belajar.







Yuk Bagikan
tags:

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Menggambar Struktur Lewis Molekul Bermuatan