Organisasi Kehidupan

Friday, September 2nd 2016. | biologi

Organisasi kehidupan – Maha besar Allah SWT yang telah menciptakan makhluk hidup dengan berbagai Maha Kesempurnaannya dari bagian penyusun kehidupan terkecil sampai dengan yang kompleks. Seperti hal-nya dengan suatu organisasi, kehidupan makhluk hidup disusun oleh bagian-bagian yang akan mendukung suatu organisme agar dapat hidup. Apa saja organisasi kehidupan tersebut berikut akan kami ulas pada artikel berikut.

Sel

Sel adalah satuan fungsional terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup yang pertama kali  ditemukan pada tahun 1965 oleh Robert Hooke.

Bagian-Bagian Sel

  • Membran Plasma
    Membran plasma merupakan bagian sel yang paling luar yang berfungsi mengatur zat yang masuk dan keluar sel seperti oksigen, makanan yang masuk kedalam sel, dan zat sisa keluar dari sel
  • Protoplasma
    Protoplasma adalah bagian sel yang terpenting bagi kehidupan sel karena berfungsi mengatur semua kegiatan sel. Bentuk protoplasma seperti jel yang tersusun oleh air, protein, karbohidrat, lemak, garam-garam mineral dan enzim. Protoplasma terdapat di dalam inti sel disebut sebagai nukleoplasma sedangkan yang yang di luar inti sel disebut sitoplasma. Pada sitoplasma terdapat organel-organel sel.
  • Inti sel (nukleus)
    Bagian sel ini berbentuk bulat dan terletak ditengah sel.Fungsi dari inti sel adalah pusat pengatur seluruh kegiatan sel. Di dalam inti sel terdapat kromosom yang berfungsi membawa sifat yang diturunkan.

Perbedaan Sel Hewan dengan Sel Tumbuhan

PerbedaanSel HewanSel Tumbuhan
Membran plasmaTidak dilindungi oleh dinding sel yang tebal dan kuat, sehingga bentuk sel hewan tidak tetapdilindungi oleh dinding sel yang tebal dan kuat, dinding sel tersusun dari selulosa sehingga  memiliki bentuk tetap
SitoplasmaTidak mengandung kloroplasMengandung plastida atau butir-butir pembawa zat warna, contoh koloroplas
VakuolaJarang dijumpai pada sel hewanTerlihat jelas pada sel tumbuhan

organisasi kehidupan- sel hewan vs sel tumbuhan

Jaringan

Jaringan adalah sekelompok sel yang bersatu dan mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan ini hanya dimiliki oleh makhluk hidup multiseluler. Pada hewan dan tumbuhan terdapat perbedaan jaringan yang  menyusunya sbb:

Jaringan Hewan

Baik hewan maupun manusia disusun oleh jaringan untuk melakukan fungsi kehidupan. Macam-macam jaringan hewan secara umum adalah sbb:

JenisKeterangan
Jaringan EpitelJaringan epitel tersusun atas sel-sel yang membentuk lapisan berkesinambungan menutupi permukaan tubuh. Jadi jaringan ini banyak ditemukan hampir di seluruh permukaan dan rongga tubuh. Jaringan epitel ini berfungsi sebagai perlindungan, absorpsi, sekresi, dan rangsangan.
Jaringan IkatJaringan ikat menyokong dan mengikat seluruh jaringan lainnya. Terdapat beberapa macam jaringan ikat yaitu jaringan ikat longgar, jaringan lemak, fibbrosa, kartilago dan tulang.
Jaringan OtotTerdiri atas sel-sel otot yang membentuk jaringan otot yang berfungsi untuk menggerakan tubuh.
Jaringan SarafTerdiri atas sel-sel saraf yang membentuk jaringan saraf dimana berfungsi untuk meneruskan rangsangan

Untuk memahami lebih lengkap jaringan hewan dapat dibuka postingan kami yang berjudul Mengenal Jaringan Pada Hewan

Jaringan Tumbuhan

Tumbuhan juga tersusun dari kumpulan sel yang berbeda bentuk dan fungsinya. Berikut beberapa jaringan pada tumbuhan:

JenisKeterangan
Jaringan EpidermisTersusun dari sekumpulan sel yang membentuk lapisan tipis yang menutupi seluruh permukaan tumbuhan. Fungsi dari jaringan epidermis adalah melindungi bagian tumbuhan yang ada di bawahnya.
Jaringan PengangkutJaringan ini terdapat di seluruh bagian tumbuhan yaitu di akar, batang, dan daun. Jaringan ini terdiri dari jaringan pembuluh kayu (xilem) dan pembuluh tapis (floem). Fungsi xilem adalah mengangkut air dan mineral dari akar ke daun. Fungsi floem adalah mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
Jaringan Palisade & SponsJaringan palisade biasa disebut jaringan pagar, karena terdiri dari sekumpulan sel palisade yang tersusun rapat seperti pagar. Jaringan spons atau bunga karang terdiri dari sel-sel yang tersusun longgar. Kedua jaringan ini berfungsi untuk melakukan fotosisntesis. Kedua jaringan ini terdapat pada daun tumbuhan berwarna hijau.

Organ

Organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang bekerjsama untuk melakukan tugas tertentu.

Organ Manusia

Manusia memiliki banyak organ untuk menunjang fungsi tubuh. Contoh organ pada manusia yaitu jantung yang berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung disususn oleh beberapa jaringan yaitu jaringan saraf, jaringan otot dan pembuluh darah. Selain itu manausia juga memiliki organ penting lainnya sepeti paru-paru, hati, usus, lambung dll.

Organ Tumbuhan

Organ utama yang dimiliki oleh tumbuhan multiseluler adalah daun, akar, dan batang.

  • Daun    : Tersusun dari jaringan epidermis, tiang, spons, xilem dan floem. Organ ini berfungsi sebagai tempata fotosisntesis dan respirasi.
  • Batang : Tersusun dari jaringan epidermis, korteks, parenkim, xilem dan floem. Fungsi dari batang adalah untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun.melalui xilem dan mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seleruh tubu melalui floem.
  • Akar   : Tersusun dari jaringan epidermis, korteks, endodermis, perikambium, dan siliner pusat yang bekerjasama ketika menyerap air dan mineral dari dalam tanah. Selain itu fungsi dari akar juga sebagai organ pernafasan.

Sistem Organ

Kumpulan dari organ-organ yang bekerjasama untuk melakukan fungsi tertentu pada makhluk hidup disebut sebagai sistem organ. Sebagai contoh pada manusia yaitu sistem pencernaan terdiri dari organ mulut, kerongkongan, lambung, hati, kantong empedu, pankreas, usus halus, usus besar dan anus. Apabila salah satu organ tersebut tidak atau mengalami gangguan maka akan memperngaruhi fungsi kerja organ yang lain.

Jadi dapat disimpulkan bahwa tubuh makhluk hidup merupakan suatu organisasi kehidupan yang secara berturut-turut dan saling ketergantungan dengan diagram sbb:

organisasi kehidupan

organisasi kehidupan







Yuk Bagikan
tags:

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Organisasi Kehidupan