Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Monday, November 21st 2016. | biologi

Jumpa lagi bersama rumushitung.com, adek adek ku yang tersayang , pada kesempatan yang berbahagia ini, akang ingin memberikan sedikit pencerahan kepada kalian semua, tentunya melanjutkan pelajaran yang kemaren. Ok tanpa langsyung aja kita ke topik pembahasan,

Ngomongin tentang hidup di dunia nih pastinya, tidak lepas dari dari yang namanya Makhluk hidup. Perlu adek adek ketahui, dalam tubuh makhluk hidup, tersusun atas bagian bagian yang bragam, dan bagian terkecil yang menyusun makhluk hidup ntu disebut sel.

Terus sel itu apa ya?

Ini dia penjelasannya;

Sel itu berasal dari kata cella, artinya rongga kecil. Sel itu satuan terkecil yang menyusun makhluk hidup. Sel ditemukan pertama kali oleh Robert Hooke, tahun 1665. Karna saking kecilnya, kita mesti liatin bentuknya pake mikroskop.

Robert Hooke

Nah, Emang kayak apah sih bentuknya? Nih dia bentuknya jreng jreng

bentuk sel

Ok kita lanjut ke bagian bagian sel

Bagian utama sebuah sel terdiri dari membran plasma, protoplasma, dan intisel.

  1. Membran plasma
    Membran plasma / selaput plasma adalah bagian terluar dari sel, Fungsinya, mengatur keluar masuknya zat dari sel. Membran plasma juga memungkinkan gas oksigen dan makanan masuk kedalam sel, serta zat zat sisa keluar dari sel.
  2. Protoplasma
    Protoplasma adalah bagian terpenting dari sel, karna fungsinya mengatur semua kegiatan sel. Bentuk protoplasma itu seperti jeli, dan tersusun atas air, protein, karbohidrat, lemak, garam mineral, dan enzim.Protoplasma yang ada di dalam inti sel disebut neukleoplasma, Kalau yang ada diluar inti sel disebut sitoplasma. Pada sitoplasa ada organ organnya.
  3. Inti sel (nukleus)
  4. Inti sel secara umum bentuknya bulat, terletak ditengah sel. Di dalam inti sel terdapat kromosom , yang fungsinya membawa sifat yang diturunkan (gen). Inti sel merupakan pengatur seluruh kegiatan sel.

Nah sekarang kita akan bahas nih perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan,

gambar sel hewan

Sel Hewan

gambar sel tumbuhan

Sel Tumbuhan

 Perbedaan sel Hewan dan Tumbuhan

Sel hewan dan tumbuhan itu beda loh, bedanya teletak pada membran plasma, sitoplasma, dan dan vakuola, biar lebih jelas liat gambar

Keterangan;

  • Membran plasmaPada sel tumbuhan, dilindungi oleh dinding sel yang tebal dan kuat. Dinding sel tersusun atas selulosa yang membuat sel tumbuhan memilik bentuk yang tetap.

    Pada sel hewan, tidak dilindungi oleh dinding sel yang tebal dan kuat, karna itulah bentuk sel hewan tidak tetap.

  • SitoplasmaPada sel tumbuhan, mengandung plastida / butir butir pembawa zat warna, misal; kloroplas,kloroplas adalah plastida yang mengandung butir butir hijau daun (klorofil) yang berguna saat proses fotosintetis.

    Pada sel hewan, tidak mengandung kloroplas

  • VakuolaPada sel tumbuhan, terlihlebihat jelas. Vakuola terbentuk akibat perkembangan dinding sel lebih cepat dari pertumbuhan protoplasma.

    Pada sel hewan, jarang di jumpai.

Ok sekian pembahasan abang, bila ada sumur diladang bolehlah menumpang mandi, bila ada umur panjang insya Allah kita jumpa lagi.

Assalamualaikum.Wr.Wb.







Yuk Bagikan

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan