Sifat Larutan Asam, Basa, dan Garam

Friday, November 25th 2016. | kimia

Dear sobat hitung, tahukah kalian apa itu larutan asam, basa, dan garam. Larutan ini terdapat dalam banyak bahan yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu asam, basa, dan garam telah lam dikenal sebagai zat yang menarik untuk dipelajari sejak zaman dahulu. Asal sobat tahu, kimia asam dan basa memiliki perann penting dalam banyak proses di dalam tubuh kita. Misalnya, asam yang ada dalam tubuh kita selama kita melakukan aktivitas olah raga. Ketika kita berolah raga, muncul asam laktat sebagai hasil dari proses metabolisme di dalam tubuh. Semakin banyak kita berolahraga, semakin banyak pula asam tersebut dihasilkan.

Membedakan Asam dan Basa dengan Rasa dan Sentuhan

Walaupun rasa bukan cara yang relatif aman untuk mengkategorikan suatu zat itu asam atau basa, tetapi pasti kalian sudah tahu bahwa asam itu rasanya masam dan basa itu rasanya pahit. Contoh asam seperti jeruk, lemon, cuka, tomat, dan lain-lain. Contoh basa seperti arang, kapur, tanah, dan lain-lain.

Tidak hanya menggunakan rasa, kita juga bisa membedakan asam dan basa menggunakan sentuhan. Basa, sabun misalnya memiliki sifat alkali, bereaksi dengan protein di dalam kulit sehingga sel-sel kulit akan mengalami pergantian, mengelupas (bahasa jawanya ngglodogi). Hal ini merupakan bagian dari rasa licin yang ditimbulkan oleh sabun, kita sering menyebutnya dengan nama proses pembersihan. Pada kondisi murni, umumnya basa berwujud kristal padat. Contohnya dapat kita temui dalam produk rumah tangga antara seprti; deodoran, dan sabun,. Basa yang umum digunakan adalah kalsium hidroksida, yang bentuknya berupa tepung kristal putih.

Tabel beberapa asam yang telah dikenal

NamaDapat kita temukan dalam
Asam asetatLarutan cuka
Asam askorbatJeruk, tomat, sayuran
Asam benzoatBahan pengawet makanan
Asam boratLarutan cuka pencuci mata
Asam formiatsengatan lebah
Asam fosfatDeterjen, pupuk
Asam karbonatMinuman berkarbonasi
Asam kloridaAsam lambung, obat tetes mata
Asam laktatKeju
Asam malatApel
Asam nitratPupuk, peledak (TNT)
Asam sitratJeruk
Asam sulfatBaterai mobil, pupuk
Asam tartratAnggur

Tabel basa yang sudah dikenal

NamaDidapatkan kita temukanDalam
Kalsium hidroksidaMortar dan plester
Aluminium hidroksidaDeodoran, antasid (obat maag)
Natrium hidroksidaPembersih saluran pipa air,bahan sabun
Magnesium hidroksidaObat urus-urus, antasid

Asam, basa dan garam itu mempunyai sifat elektrolit

Artinya jika larutan asam, basa atau garam kita larutkan kedalam air maka akan menghasilkan ion – ion . Ion yaitu suatu partikel atau zat yang memiliki muatan. larutan asam, dan basa bersifafat menghantarkan listrik, Larutan yang dapat menghantarkan listrik dinamakan larutan elektrolit.

Asam , basa dan garam juga bersifat korosif (merusak)

sifat yang lain dari asam yaitu dapat bereaksi dengan berbagai macam logam,contohnya jika kita melakukan percobaan dengan cara menaruh sebuah logam besi, misalnya paku kedalam gelas yang berisikan zat asam klorida, logam besi tersebut dengan cepat dapat bereaksi membentuk besi(II) klorida dan gas hidrogen, dalam percobaan ini membuktikan bahwa asam dapat bersifat korosif untuk sebagian besar logam. Basa secara umum tidak dapat bereaksi dengan logam, namun basa yang kuat juga dapat bersifat korosif kalau mengenai kulit yang menyebabkan luka bakar dan merusak jaringan.

Baca Juga : Korosi dan Cara Mencegahnya

Reaksi Asam apabila bereaksi dengan basa

Umumnya zat – zat yang mempunyai sifat yang berlawanan, seperti asam dengan basa, cenderung bereaksi satu sama lain. Reaksi asam basa dapat menghasilkan garam dan air, karena itulah reaksi asam basa mempunyai sebutan lain yaitu penggaraman. Reaksi antara asam klorida dan natrium hidroksida menghasilkan garam dapur (NaCI). Berikut ini nama garam yang sudah dikenal

Tabel beberapa garam yang sudah dikenal

NamaRumusNama DagangKegunaan
Natrium kloridaNaClGaram dapurPenambah rasa makanan
Amonium kloridaNH4ClSalmiakBaterai kering
Kalium karbonatK2CO3PotashSabun dan kaca
Kalium nitratKNO3SaltpeterPupuk, bahan peledak
Kalsium karbonatCaCO3KalsitCat tembok dan bahan kare
Natrium bikarbonatNaHCO3Baking sodaPengembang kue
Natrium fosfatNa3PO4TSPDeterjen

Identifikasi Zat Bersifat Asam, Basa dan Garam

Berikut ini caranya;

Menggunakan kertas lakmus

Untuk mengetahui suatu larutan bersifat asam , basa atau netral secara sederhana kita dapat menggunakan kertas lakmus. Kita dapat mengetahui apakah suatu larutan bersifat asam atau basa melalu tebel ini;

Tabel Perubahan warna pada kertas lakmus

Indikator kertasLarutan netralLarutan asamLarutan basa
Lakmus MerahMerahmerahbiru
Lakmus Birubirumerahbiru

lakmus biru dengan air asam jeruk

Menggunakan larutan indikator

Larutan indikator asam basa yaitu zat- zat warna yang berbeda dalam larutan yang bersifat asam, basa dan netral, yang digunakan untuk membedakan larutan yang bersifat asam, basa, dan netral. Larutan yang sering digunakan di laboratorium adalah, larutan fenolftalin, metil jingga dan metil merah. Warna indikator tersebut kami tampilkan dalam tabel di bwah ini;

Tabel warna larutan indikator dalam larutan yang mempunyai sifat asam, basa & netral

IndikatorLarutan AsamLarutan BasaLarutan Netral
FenolftalinTidak berwarnaMerahTidak Berwarna
Metil JinggaMerahKuningKuning
Metil MerahMerahKuningKuning
larutan fenolftalein pada pH 7 dan pH 10

larutan fenolftalein pada pH 7 dan pH 10

Menggunakan indikator alami

Kida dapat menggunakan tumbuhan yang menmpunyai warna, seperti daun mahkota bunga (bogenvil, kembang sepatu, mawar dll..),kubis ungu dan kulit manggis,dapat digunakan sebagai indikator asam basa. Karena ekstrak dari bahan – bahan ini bisa memberikan warna yang berbeda dalam larutan asam dan basa.

Baca Juga : Indikator Alami untuk Asam dan Basa

Sebagai contoh; kikislah kulit manggis,lalu haluskan, dan tambahkan sedikit air. Dalam kondisi netral warna manggis adalah ungu, bagilah ekstrak kulit manggis tadi menjadi dua bagian, lalu tetesilah dengan larutan asam dan basa, maka hasinya

- larutan yang berubah warna dari

Ungu berubah maenjadi coklat adalah asam

Sedangkan ;

-Ungu berubah menjadi biru adalah basa







Yuk Bagikan

Leave a Reply

Artikel Tips Berhitung Terkait Sifat Larutan Asam, Basa, dan Garam