X

Rumus Kimia Gula Lengkap

Rumus Kimia Gula Lengkap – Sobat hitung, hari ini kita akan belajar rumus kimia gula. Sobat, gula atau karbohidrat itu diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida yang ketiganya tentu mempunyai rumus kimia gulanya masing-masing. Sesuai dengan kaidah namanya, monosakarida adalah gula yang mengandung 1 unit terkecil gula yang paling sederhana. Disakarida terdiri dari 2 unit senyawa gula, dan polisakarida terdiri dari banyak senyawa gula (gula kompleks).

Contoh
monosakarida : glukosa,fruktosa, galaktosa

disakarida :fruktosa, maltosa, laktosa

poliskarida : pati, selullosa, glikogen

glukosa, fruktosa, galaktosa perbedaan rumus kimia gulanya hanya pada “gugus fungsi” yang terkandung dalam senyawa tersebut. glukosa gugus fungsinya aldehide, fruktosa gugus fungsinya keton, galaktosa gugus fungsi keton tetapi letak p-ada atom C berbeda dibandingkan dengan fruktosa.Yang membedakan sukrosa, maltosa, galaktosa adalah monosakarida penyusunnya. sukrosa dibentuk oleh glukosa dan fruktosa, maltosa dibentuk oleh 2 molekul glukosa, galaktosa dibentuk oleh glukosa dan galaktosa. sedangkan yang membedakan sellulosa , pati , glikogen adalaha ikatan antar monosakarida pembentuk polisakarida.

perbedaan glukosa, galaktosa, dan fruktosa

Lalu bagaimana rumus kimia dari masing-masing gula tersebut? Hehe tenang saja sobat, berikut ini tabel dari molekul dan rumus kimia gula.

Tabel Rumus Kimia Gula


Jenis
Gula

 


 Type
Gula  (mono =1 atau di =2)

 


 Rumus
Kimia Gula


Glukosa
 

 monosakarida

 


 C6H12O6

 


 Fruktosa 

 monosakarida

 


 C6H12O6 

 Galaktosa 

 monosakarida 

 C6H12O6 

 Lactosa 

 disakarida (glukosa + galactosa) 

 C12H22O11 

 Sucrosa 

 disakarida (glukosa + fructosa) 

 C12H22O11 

 Maltosa 

 disakarida (glukosa + glukosa) 

 C12H22O11 

 Itulah tadi sobat hitung rumus kimia gula yang berhasil rumushitung himpun, semoga bermanfaat rumus kimia gulanya ya. Selamat belajar 😀

artikel terkati rumus kimia gula rumus kimia gula, rumus molekul glukosa, rumus kimia gula pasir, rumus kimia larutan gula, rumus kimia glukosa

Categories: rumus kimia
donbull:
X

Headline

Privacy Settings