X

Penalaran Senyawa Karbon

Penalaran Senyawa Karbon

Penalaran Senyawa Karbon –Berikut adalah artikel tentang bagaimana siswa agar dapat mengetahui dalam hal Penalaran Senyawa Karbon secara cermat. Rangkuman hidrokarbon sangat penting dibahas pada awal pembelajaran senyawa karbon kelas XII, karena hidrokarbon adalah golongan senyawa paling sederhana, terdiri atas unsur-unsur C dan H saja.

Sedang senyawa-senyawa karbon berikutnya, selain C dan H, juga mengandung unsur-unsur lain, misalnya unsur oksigen, O. Senyawa golongan alkana yang memiliki rantai utama C, tatanama dan peristiwa isomerinya itu merupakan konsep-konsep dasar yang sangat diperlukan. Uraian ini menunjukkan bahwa hidrokarbon merupakan dasar penalaran senyawa karbon.

Ketika siswa Penalaran Senyawa Karbon gugus fungsi, maka diperlukan perbandingan antara gugus yang berfungsi dan tak berfungsi. Saat siswa memahami bahwa gugus fungsi itu adalah gugus yang aktif, maka mereka akan membandingkannya dengan gugus yang tak aktif. Karena gugus tak aktif adalah rantai alkil, -R, maka tampak bahwa hidrokarbon amat penting sebagai dasar untuk melanjutkan konsep senyawa karbon berikutnya.

Tatanama dari Penalaran Senyawa Karbon yang dapat dibahas di kelas X selama siswa belajar hidrokarbon, merupakan dasar tatanama yang berarti. Di kelas XII dengan adanya gugus fungsi yang bervariasi, pengembangan tatanama tidak terlalu banyak. Namun apabila tatanama hidrokarbon lupa, masalah yang muncul dapat membuat tidak tuntasnya pembelajaran.

Apalagi Penalaran Senyawa Karbon masalah yang menyangkut isomeri. Siswa umumnya lupa pada cara mencari isomer dengan urut dan lengkap. Sedangkan isomer struktur dapat lengkap diberikan di kelas X dan juga isomer geometri. Isomer optis umumnya baru ditambahkan saat siswa belajar senyawa golongan alkanol di kelas XII. Isomer yang mudah diingat siswa adalah isomer rantai, itupun memerlukan waktu cukup lama ketika mengulang di kelas XII. Semoga pertimbangan ini dapat dipahami dan bersama kita berbuat yang terbaik untuk anak bangsa.

Demikian artikel tentang motivasi Penalaran Senyawa Karbon semoga bermanfaat bagi Anda.

Categories: kimia Lain-lain
donbull:
X

Headline

Privacy Settings