X

Jaring Jaring Balok

Jaring Jaring Balok – Setelah kemarin rumushitung share mengenai jaring jaring kubus, sekarang rumushitung sajikan beberapa jaring jaring balok yang bisa digunakan untuk gambar peraga maupun panduan membuat balok. Jaring jaring balok sendiri terdiri dari 6 segi empat yang terbagi dalam 3 pasang, dimana masing-masing pasang mempunyai luas yang sama besar. Berikut ini gambar balok yang akan kita cari jaring-jaringnya.

 
Berikut ini rumushitung berikan 3 contoh jaring-jaring dari balok. Sebenarnya jumlah jaring jaring balok ada 54, bentuknya bisa bermacam-macam tinggal penempatan dari bidang datar masing-masing sisi.

 

Tips Membuat Jaring Jaring Balok
Untuk membuat jaring-jaring balok sangatlah mudah, yang perlu sobat hitung perhatikan adalah posisi dari masing-masing sisi. Cek apakah ada sisi yang sama luasnya yang saling menempel/berdekatan langsung (tanpa ada sisi lain yang memisahkan). Jika ada, bisa dipastikan jaring jaring sobat salah. Silahkan buat jaring jaring balok lagi. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi pilihan jawaban pada soal pilihan ganda. Misalkan gambar balok di bawah ini

Jaring-jaring tersebut bukan merupakan jaring-jaring balok karena ada dua sisi yang berhimpit dan kedua sisi itu sama luasny. (warna grey dan kelabu)

Untuk menguji pemahaman sobat mengenai jaring jaring balok berikut 1 contoh soal silahkan sobat kerjakan, dari jaring-jaring (a), (b), dan (c) manakah yang bukan merupakan jaring-jaring balok

 

Categories: Lain-lain
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings