X

Gaya Gesek dan Manfaatnya

“Gaya Gesek”

 

 

Apa Itu Gaya Gesek?
Sobat hitung pasti sudah banyak yang tahu apa itu gaya gesek. Pengertian sederhana dari gaya gesek sendiri adalah  gaya (kekuatan) yang muncul karena benda yang bergerak dan arahnya berlawanan dengan arah gerak benda tersebut. Sederhananya bisa dibilang gaya yang menahan gerakan sebuah benda. Sobat bisa menemukan gaya ini dalam banyak fenomena sehari-hari. Misal sobat mendorong sebuah box ke arah depan maka akan ada gaya gesek yang arahnya ke belakang. Gaya ini disebabkan sentuhan 2 permukaan.

 

 

Rumus Menghitung Gaya Gesek
Besarnya gaya (f) gesek yang bekerja pada suatu benda merupakan perkalian antara gaya normal N dengan koefisien gesek μ (miu).


F = N. μ
Fina NamaMyu”

N = gaya normal
μ = koefisien gesek

Gaya normal sendiri adalah gaya yang tegak lurus dengan permukaan  yang dilalui benda. Ketika pada posisi diam dan pada permukaan datar maka gaya normal sama dengan berat benda (w). koefisien
gesek μ sendiri ada dua.

Koefisien Gesek Statis (μs)
Jika gaya yang bekerja pada benda sama dengan atau kurang dari gaya gesek statis (N.μs) maka benda tersebut tidak akan bergerak. Lalu berapa besar gaya yang bekerja? Gaya gesek yang bekerja pada sistem tersebut senilai dengan gaya yang menarik benda.

Koefisien Gesek Kinetis (μk)
Nah, lain halnya jika gaya yang bekerja pada benda lebih dari gaya gesek statisnya. Benda tersebut akan bergerak dan besarnya gaya gesek yang bekerja tidak lagi gaya normal dikali koefisien gesek statis melainkan gaya normal dikali koefisien gesek kinetis

 

 

Contoh Gaya Gesek di Kehidupan sehari-hari
Buat sobat hitung yang hobi naik motor pasti  tahu kalau rem sangat penting saat berkendara. Mengerem adalah membuat gaya gesek. Gaya ini terjadi antar kampas rem dengan roda yang berguna untuk memperlambat laju kendaraan. Pesawat terbang juga mengalami gaya gesek dengan udara. Oleh karena itu, pesawat terbang bodynya dibuat searodinamis mungkin untuk mengurangi akibat gesekan dengan udara. Sobat ketika berjalan ternyata ada gesekan antara jalan dengan alas kaki  yang menyebabkan sobat tidak terpeleset. Masih banyak lagi contoh gaya gesek yang ada disekitar kita. Coba sobat hitung amati dan temukan berbagai contoh lain di lingkungan sobat masing-masing.

 

 

Manfaat Gaya Gesek
Kayaknya sudah sunatullah, sesuatu itu ada baiknya juga ada buruknya, ada manfaatnya juga ada kerugiannya. Gaya gesek sangat bermanfaat sekali bagi kita. Misal ngga ada gaya ini mungkin kita tidak bisa berjalan karena tanpa gaya gesek pasti akan terpeleset terus. Gaya gesek pada rem sangat vital untuk keamanan pengemudi dan penumpang kendaraan macam mobil, bis, kereta, dan sebagainya. Gaya gesek juga ada yang merugikan. Berbagai mesin berusaha meminimalkan gesekan karena gaya gesek bisa mengikis permukaan komponen mesin dan sering menimbulkan panas yang berlebih.

 

 

Contoh Soal
Sebuah benda masa 4 kg ditarik oleh gaya 50 N. Jika koefisien gesekan statisnya adalah 0,8 dan koefisien gesek kinetisnya adalah 0,4. Berapakah gaya gesek yang dialami oleh benda tersebut?Jawaban :
– kita cek dulu apakah benda tersebut bergerak atau tidak. Kita bandingka Gaya gesek statis dengan gaya yang menariknya Fs = N. μs = m.g μs = 4. 10. 0,8 = 32 N
karena gaya yang menarik benda (50 N) lebih besar dari gaya gesek statis maka benda bergerak. Gaya gesek yang bekerja adalah gaya gesek kinetis sebesar :
Fk = N.μk = 40. 0,4 = 16 N

 

Categories: rumus fisika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings