X

Cara Menghitung Cicilan KPR

Cara Menghitung Cicilan KPR – Ketika sobat hitung sudah punya pekerjaan tetap dan penghasilan yang cukup, sobat pasti ingi segera cari pasangan, berkeluarga, dan juga punya rumah  sebagai tempat tinggal. Kalau belum punya rejeki yang cukup  besar, sobat bisa ambil yang namanya Kredit Kepemilikan Rumah atau seering kita sebut KPR. KPR menjadi salah satu solusi memiliki rumah sendiri.

Untuk memilih KPR yang tepat alangkah baiknya sobat memperhitungkan secara matang termasuk perhitungan KPR dan perkiraan cicilan KPR tiap bulan yang akan dibayar berikut bunga cicilannya. Tiap bank mempunyai suku bunga KPR sendiri-sendiri dengan metode yang berbeda pula. Berikut ini cara menghitung cicilan KPR.

Misal sobat ingin beli rumah yang bagus dengan harga 500 juta. Karena tidak punya uang untuk membeli tunai sobat memutuskan untuk mengambil KPR dengan suku bunga 10 % pertahun dan uang muka 100 juta.

Dengan uang muka seratus juta, sisa utang adalah 400 juta yang kemudian akan diangsur selama 10 tahun dengan metode bunga annuitas.

Total yang harus dibayar = pokok hutang + bunga
Untuk menghitung bunga angsuran KPRnya sobat bisa memilih beberapa cara menghitung cicilan KPR berikut:

1. Menghitung Manual Menggunakan rumus annuitas

 

* P : PokokKredit
* I : Suku bunga per tahun
* m : Jumlah periode pembayaran (bulan)

= Rp. 5.286.029

2. Menghitung Cicilan KPR dengan Excel
Dalam excel dalapat kita gunakan untuk menghitung besarnya angsuran.Di microsoft excel ada fungsi yang dapat digunakan untuk menghitung angsuran pinjaman termasuk angsuran KPR.

Misalnya kita tuliskan masing-masing nilai ini dalam cell pada worksheet MS Excel.

A1 = 400.000.000 (pokok)
A2 = 10 (lama angsuran)
A3 = 10% (bunga)

Hasil perhitungan besarnya angsuran akan kita letakkan pada cell A5, maka untuk cell A5 kita masukkan rumus excel berikut:

=PMT(A3/12;A2*12;A1)

Rumus PMT ini bisa digunakan juga untuk menghitung bunga tabungan atau bunga pinjaman yang lain

3. Menggunakan Kalkulator on-line KPR
Buat sobat yang ngga mau repot menghitung atau berurusan dengan microsoft excel bisa menggunakan kalkulator online menghitung cicilan KPR. Banyak sekalii di internet yang menyediakan kalkulator ini. Ini cara menghitung cicilan KPR paling mudah.

rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings