X

Manfaat Hidrokarbon di Kehidupan Kita

Manfaat Hidrokarbon – Apa itu hidrokarbon sobat? Sesuai namanya yang terdiri dari kata hidro dan karbon, hidrokarbon adalah senyawa yang terdiri dari 2 atom, hidrogen (H) dan Karbon (C). Atom-atom hidrogen membentuk ikatan kovalen dengan rantai atom C. Ini dia yang biasa disebut  hidrokarbon afiliatik. Hidrokarbon ternyata punya banyak sekali manfaat di kehidupan kita, mulai dari manfaat hidrokarbon untuk bahan bakar,  makanan hingga untuk bikin sendok plastik. Berikut ini manfaat hidrokarbon di kehidupan kita.

Manfaat Hidrokarbon sebagai Bahan Bakar utama di Bumi
Sampai saat ini belum ada sumber energi alternatif yang bisa menggantikan bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil seperti minyak bumi utamanya terdiri dari hidrokarboh jenuh. Minyak bumi kemudian diturunkan menjadi bahan bakar siap pakai seperti bensin, solar, avtur, minyak tanah, aspal, lilin, dan masih banyak lagi.

Manfaat Hidrokarbon sebagai bahan makanan
Sobat tahukah kalian kalau yang namanya karbohidrat sebenarnya adalah sejenis hidrokarbon. Karbohidrat atau sakarida merupakan segolongan besar senyawa organik yang tersusun dari atom karbon, hidrogen, dan oksigen. Bentuk molekul karbohidrat paling sederhana terdiri dari satu molekul gula sederhana. Banyak karbohidrat yang merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai yang panjang serta bercabang-cabang. Karbohidrat ini sangat penting dalam
Karbohidrat merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga yang terdapat dalam tumbuhan dan daging hewan. Selain itu, karbohidrat juga menjadi komponen struktur penting pada makhluk hidup dalam bentuk serat (fiber), seperti selulosa.

Manfaat Hidrokarbon Untuk Bahan Pakaian
Seragam sekolah yang sobat hitung pakai setiap hari mungkin terbuat dari hidrokarbon. Umumnya seragam sekolah yang terbuat dari benang sintetis poliester memiliki harga yang lebih terjangkau. Serat
poliester ini dibentuk dari bahan dasar minyak tanah. Dari minyak tanah kemudian dibentuklah  para-xylene. Para-xylene dioksidasi menghasilkan Purified Terephthalic Acid atau yang dikelanal dengan PTA. PTA inilah yang menjadi bahan pembuat serat poliester. Akan tetapi serat poliester ini masih kalah halus serat alam seperti katun dan sutra.Sebetulnya ada polimer lain yang juga dibunakan untuk pembuatan serat sintetis yang lebih halus atau lembut lagi. Misal serat untuk bahan isi pembalut wanita. Polimer tersebut terbuat dari polietilen.

Manfaat Hidrokarbon untuk Seni dan Estetika
Untuk urusan seni, terutama seni lukis, peranan utama hidrokarbon ada pada tinta / cat minyak dan pelarutnya. Salah satunya ialah thinner yang biasa digunakan untuk mengencerkan cat. Sementar untuk urusan seni patung banyak patung yang berbahan dasar dari plastik atau piala, dll. Di bidang estetika, manfaat hidrokarbon dapat dijumpai dalam berbagai kosmetik. Lilin adalah contoh hidrokarbon yang banyak digunakan dalam dunia kosmetik. Misal lipstik, waxing (pencabutan bulu kaki menggunakan lilin) atau bahan pencampur kosmetik lainnya, farmasi  atau semir sepatu. Tentunya lilin yang digunakan bukan seperti lilin yang sering kita nyalakan saat ulang tahun atau listrik matik. Lilin yang digunakan adalah lilin khusus yang harus memenuhi kriteria aman untuk wajah dan tubuh.

Manfaat Hidrokarbon untuk Interior dan peralatan Rumah
Banyak sekali interior rumah, furniture macam kursi meja, dan lemari, piring, sendok yang terbuat dari plastik hidrokarbon. Umumnya terbuat dari hidrokarbon propilena, yaitu senyawa olefin (alkena rantai C3).

Itulah tadi sedikit rangkuman mengenai manfaat hidrokarbon di kehidupan kita sehari-hari. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Categories: kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings