X

Rumus Energi di Sekitar Kita

Sobat hitung ternyata ada banyak jenis energi yang ada di sekitar kita. Energi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk melakukan pekerjaan. Ia di bisa berwujud berbagai bentuk seperti energi listrik, kinetik, potensial, kimia, panas, dan sebagainya. Berikut ini rumus energi yang ada di sekitar kita. Semoga rangkuman sederhana ini bisa membantu belajar fisika.

1. Energi Kinetik

Ini adalah energi yang ada pada benda bergerak. Besarnya energi kinetik tergantung pada masa benda dan kecepatan. Semakin besar masa dan semakin besar kecepatannya maka akan semakin besar energi kinetiknya. Rumus energi kinetik:

E = energi kinetik (j0ule)
m = massa benda (kg)
v = kecepatan (m/s)

2. Energi Potensial

Merupakan energi yang dimiliki benda diam karena kedudukan benda terhadap benda lain. Jika sobat melihat buah kelapa di pohonnya yang bertinggi sekian meter, maka buah kelapa itu punya energi potensial dengan rumus energi:

E = Energi (joule); m = massa benda; g = gravitasi; dan h = ketinggian. Semakin tinggi kedudukan dan semakin berat suatu benda maka akan semakin besar energi potensial yang dimiliki benda tersebut. Selain energi potensial dan kinetik, ada juga yang namanya energi mekanik. Ia adalah energi yang dimiliki suatu benda karena sifat gerakannya. Contohnya, misal buah kelapa masih ada di atas pohon makan Energi mekanik = Energi Potensialnya. Jika buah kelapa pada posisi jatuh (belum menyentuh tanah) maka besarnya energi mekanik dapat dihitung dengan rumus energi mekanik = EP + Ek.

3. Energi Cahaya

Cahaya juga punya energi yang dilepaskan dalam bentuk foton-foton. Rumus energi cahaya

h = tetapan Planck (6,626 × 10–34 J dt).
c = kecepatan cahaya dalam vakum (3 × 108 m det–1).
λ = panjang gelombang (m)
f = frekuensi

4. Energi Listrik

Saat sobat membaca artikel ini lewat internet + komputer menyala, maka ada energi listrik yang sobat gunakan. Energi listrik dirumuskan

E = VIT

karena V = I.R, bisa ditulis

E = energi listrik (joule)
R = hambatan (ohm)
T = Waktu

5. Energi dari Massa yang bergerak mendekati Kecepatan Cahaya

Sekitar satu abad yang lalau Eistein melakukan pengamatan terhadap objek yang bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Ia menyimpulkan  massa sebuah benda merupakan ukuran energi yang terkandung dalam benda tersebut. Energi ini dirumuskan

E = energi (joule)
m = massa (kg)
c = kecepatan cahaya

6. Energi Elastisitas

Yang namanya energi ternyta juga tersimpan dalam benda seperti karet, pegas, dan benda-benda elastis lainnya. Energi yang dimiliki benda elastis tersebut sama dengan 1/2 hasil kali konstanta pegas dengan perubahan panjang benda elastis yang memanjang maupun memendek. Rumus energi nya:


E = Energi
k = konstanta pegas
x = perubahan panjang

 

Categories: rumus fisika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings