X

Hubungan Roda-Roda

Hubungan Roda-Roda- Siapa yang tak kenal roda. Dalam sistem roda ada gerak melingkar. Jika sobat menganalisis gerak melingkar pada dua roda maka akan ketemu hubungan antara kedua roda tersebut. Roda merupakan instrumen pengubah gerak melingkar ke gerak lurus atau sebaliknya. Faktanya mobil itu bisa bergerak lurus karena ada gerak melingkar yang bekerja pada roda. Dalam menganalisis hubungan roda-roda yang penting adalah kecepatan sudut, jari-jari, dan kecepatan linier.

Hubungan roda-roda

1. Dua Roda dengan Poros yang Sama

Pada kasus ini dua roda berbeda ukuran berada pada satu poros yang sama. Akibatnya kedua roda mempunyai kecepatan sudut yang sama dengan arah yang sama. Karena panjang jari-jari roda berbeda, ada yang besar ada yang kecil maka kecepatan liniernya berbeda. Semakin besar ukuran (jari-jari) roda makan akan semakin besar kecepatan liniernya. Rumus persamaannya

Kecepatan Sudut Roda A = Kecepatan Sudut Roda B
ωA= ωB

2. Dua Roda dihubungkan Satu Rantai

Ketika dua roda kita hubungkan dengan sebuah rantai, maka kedua roda tersebut akan memiliki kecepatan linier yang sama (sama dengan kecepatan gerak rantai). Tidak hanya besar kecepatan liniernya yang sama tapi juga arah dari gerakan roda. Dalam hubungan roda ini yang berbeda adalah kecepatan sudutnya.

Kecepatan Linier Roda A = Kecepatan Linier Roda B

Va = Vb

3. Roda Saling Bersinggungan

Pada kasus ini roda saling bersinggungan satu sama lain. Sistem hubungan roda ini mirip dengan poin dua tetapi yang membedakannya adalah arah kecepatan liniernya yang berbeda. Jadi kecepatan linier sama tapi berbeda arah dan kecepatan sudutnya berbeda.

Kecepatan Linier Roda A = Kecepatan Linier Roda B

Va = Vb

Arah berbeda

Contoh Soal

Sobat hitung punya dua buah roda yang seporos. Roda yang kecilmemiliki 16 buah gigi dan roda yang besar bmemiliki 22 gigi. Jika kecepatan linier roda yang kecil adalah 48 m/s. Maka berapa kecepatan linier dari roda yang besar adalah?

Jawab :

Perbandingan jumlah gigi dalam sebuah roda gigi merupakan representasi dari perbandingan kecepatan liniernya.Karena kedua roda tersebut seporos maka kita bisa menggunakan persamaan

ωA= ωB
Vbesar/rbesar  = Vkecil/rkecil
22/x = 16/48
x = 22 x 48/16 = 66 m/s

 

Categories: rumus fisika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings