X

Strategi Konversi Satuan

Strategi Melakukan Konversi Satuan – Sobat hitung pasti sering menjumpai soal matematika, fisika, maupun kimia yang melibatkan perhitungan beberapa besaran. Adakalanya sistem satuan telah menggunakan sistem sesuai mks (meter, kilogram, sekon) atau CGS (centimeter, gram, sekon) yang telah sesuai dengan jawaban yang diminta. Akan tetapi adakalanya sobat harus mengkonversi satuan-satuan tersebut ke dalam satuan yang diharuskan untuk bisa mendapatkan jawaban terbaik. Berikut ini strategi konversi satuan yang bisa sobat gunakan.

Faktor Konversi Satuan = 1

Kata kuncinya adalah kita dapat menyatakan suatu besaran fisika dalam dua atau lebih satuan. Misalnya 1 m dapat kita nyatakan dalam 100 cm, 1000 mm, dan beberapa satuan lainnya. Contoh

1 menit = 60 sekon
jika masing masin ruas kita bagi dengan 60 s

1 menit          60 s
———-   =  ——
60 s               60 s

masing-masing ruas akan menghasilkan menghasilkan nilai 1. disebut faktor pengkonversi, ia bernilai satu samahalnya ketika sobat menjadikan pecahan menjadi persentase ia dikalikan 100% (=1) dan ketika suatu besaran dikalikan dengan satu tidak akan mengubah nilainya. Jika sobat akan mengubah 30 menit ke dalam sekon, sobat cukup mengalikannya dengan faktor pengkonversi 60 s/1 menit.

30 menit = 30 menit x faktor konversi satuan = 30 menit x 60 s/1 menit = 1800 s

Cara menggunakan faktor konversi satuan adalah taruh nilai yang ingin ditanyakan sebagai pembilang dan nilai konversi yang diketahui sebagai penyebut. Untuk lebih jelasnya simak contoh konversi satuan berikut.

Konversi satuan Km/Jam menjadi m/s atau sebaliknya

36 km/jam = …. m/s

km menjadi m –> faktor konversi satuan 1000 m/ 1 km
jam menjadi sekon –> faktor konversi satuan 3600 s/ 1 jam
Kemudian kita kalikan masing-masing besaran dengan nilai konversinya

Konversi satuan g/cm3 menjadi kg/m3 dan sebaliknya

0,5 g/cm3 = …. kg/m3

g menjadi kg –> faktor konversi 1 kg/1000 g
cm3 menjadi m3 –> faktor konversi 1 m3/ 1.000.000 cm3

 

 Sederhana bukan strategi konversi satuan. Pahami dasarnya dan sobat tidak bakal salah lagi kalau mengkonversi suatu satuan.

Categories: rumus fisika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings