X

Hukum Perbandingan Berganda Dalton

Hukum Perbandingan Berganda (John Dalton) – Di dalam ilmu kimia ada beberpa hukum dasar. Kita sebelumnya telah belajar mengenai apa itu hukum kekekalan massa  milik Antoine Lavoisier dan uniknya hukum perbandingan tetap milik Proust. Kali ini kita lanjutkan ke hukum dasar kimia berikutnya, hukum perbandingan berganda milik John Dalton. Sekitar dua abad silam (1766-1844) hidup seorang Ilmua asal Inggris bernama John Dalton. Ilmuwan yang juga mencetuskan salah satu teori atom ini menemukan bahwa ada dua jenis senyawa yang dapat dibenuk oleh unsur karbon dan oksigen yaitu karbon dioksida (CO2) dan karbon monoksida (CO). Berikut datanya :

Senyawa Massa Karbon

(C)

Massa Oksigen

(O)

Perbandingan Massa

C : O

CO 1 gram 1,33 gram 3 : 4
CO2 1 gram 2,66 gram 3 : 8

 Dari pengamatan John Dalton ternyata massa karbon dalam dua senyawa tersebut sama dan masa oksigen pada senywa II adalah dua kali massa oksigen pada senyawa pertama. Perbandingan massa oksigen pada senyawa kedua dengan massa oksigen pada senyawa pertama adalah bilangan sederhana. Dari pengamatannya ini John Dalton menarik kesimpulannnya dalam sebuah hukum yang dikenal dengan hukum perbandingan berganda.

Bunyi hukum perbandingan berganda

“Bila dua unsur membentuk lebih dari satu senyawa maka perbandingan massa dari unsur yang sama yang ada dalam senyawa-senyawa tersebut merupakan bilangan yang sederhana.”

 Dalton juga meneliti bahwa hidrogen pada gas metana (CH4) adalah dua kali dari hidrogen pada gas etilena / gas karbit (C2H2). Contoh lainnya bisa kita jumpai ketika nitrogen dan oksigen dapat membentuk lima macam senyawa dengan komposisi berikut

Senyawa % Nitrogen % Oksigen % N : % O
I 63,7 36,3 1 : 0,57
II 46,7 53,3 1 : 1,14
III 36,9 63,1 1 : 1,74
IV 30,5 69,5 1 : 2,28
V 25,9 74,1 1 : 2,85

 Dari tabel di atas perbandingan persentase unsur Oksigen dari senyawa  I s.d. V adalah
0,57 : 1,14 : 1,74 : 2,28 : 2,85 atau 1 : 2 : 3 : 4 : 5
Sederhana bukan apa yang ditemukan oleh John Dalton. Untuk melatih pemahaman sobat hitung, silahkan dicoba-coba soal-soal berikut

1. Dua buah senyawa terbentuk dari unsur A dan B. Masing-masing senyawa mengandung unsur B sebanyak 70 % dan 40 %. Coba tentukan berapa perbandingan unsur A dalam kedua senyawa tersebut!

2.Raksa bergabung dengan oksigen membentuk dua senywa yang berbeda. Salah satu senywa ini mengandung 96.2 % raksa dan yang yaling menandung 92,6% raksa. Tentukan perbandingan raksa dari masing-masing senyawa dan tunjukaan bahwa data tersebut taat dengan hkum perbandingan berganda John Dalton.

sumber : kimia dasar Raplh H. Petrucci – Suminar ; Belajar Kimia Secara Menarik, Das Salirawati, dkk.

Categories: kimia rumus kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings