X

Mengubah Format Tanggal Ke Teks di Ms. Excel

Postingan singkat, langsung saja, buat sobat yang ketika di kantor akrab dengan microsoft excel dan juga mailmerge word, mungkin dari sekian sobat hitung ada yang menemukan kasus seperti berikut. Sobat akan membuat surat atau dokumen apalah yang menggunakan mailmerge, nah salah satu field isian mailmerge ada yang berupa data tanggal. Sobat telah memebuat word untuk mailmerge dan data excel sudah siap semua termasuk kolom tanggal.

Ketika sobat menginginkan format tanggal seperti 01 Januari 2014 ternyata ketika di preview mail merge data excel yang sebelumnya sudah bentuk panjang (01 Januari 2014) akan muncul bentuk default dd/mm/yyyy meskipun format cell di excel sudah diganti menjadi long date. Padahal kebanyakan yang dipakai dalam bahasa surat atau dokumen adalah format long date. Lalu bagaimana cara merubahnya? Apa rumus excelnya?

Sebenarnya ini trick sederhana, solusinya adalah menjadikan data format tanggal menjadi format text tanpa mengubah isi sel. Sobat tidak bisa langsung mengubah format cell yang awalnya long date menjadi text. Itu tidak akan berfungsi karena format long date jika diubah menjadi text akan menghasilkan text angak bukan text tanggal. Cobalah cara berikut

  1. Copy kolom yang berisi data long date diexcel yang jadi source mail merge.
  2. Buka notepad, lalu paste di notepad tersebut (Ctl + V)
  3. Kembali ke excel, ubah format kolom yang berisi tanggal (long date) tadi ke format cell text.
  4. Copy text yang sebelumnya sudah sobat paste di notepad.
  5. Kembali ke microsoft excel kemudian tekan ctrl + V –> save, dan sekarang lihat hasilnya di priview mail merge.

Format tanggal yang anda inginkan sekarang sudah bisa muncul di form mailmerge. Itu tadi sobat cara mengubah format tanggal (long date) ke format text. Mudah bukan, semoga bermanfaat buat memudahkan pekerjaan di kantor.

Categories: rumus excel
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings