X

Mengenal Kekhasan Atom Karbon (C6)

[su_dropcap size=”4″]K[/su_dropcap] ekhasan Atom Karbon – Asal sobat tahu salah satu atom yang paling unik di dunia ini adalah atom karbon. Ia hampir ada di manapun di banyak benda atau senyawa. Tubuh kita saja banyak terdiri dari atom yang satu ini. Atom dengan nomor atom 6 ini punya beberapa sifat khas yang cukup unik yang hanya dimiliki olehnya. Ketika belajar tentang kimia organik kita mengenal namanya senyawa hidrokarbon. Senyawa hidrokarbon terdiri dari atom hidrogen dan atom karbon. Karena senyawa tersebut mengandung karbon maka sering diistilahkan sebagai senyawa karbon. Senyawa ini banyak sekali kita jumpai di sekitar kita. Coba sobat perhatikan daun kering atau kertas koran keduanya berasal dari serat tumbuhan yang menandung senyawa hidrokarbon.

Secara garis besar senyawa hidrokarbon atau senyawa karbon terbagi menjadi 2 golongan besar yaitu senyawa organik, yaitu senyawa kimia yang bersasal dari benda hidup dan senyawa anorganik yang tidak berasal dari makhluk hidup. Senyawa karbon organik misalnya gula, protein, karbohidrat, glukosa, dan sebagainya, sedangkan senyawa karbon anorganik contohnya seperti Jumlah senyawa karbon yang organik jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan senyawa karbon anorganik. Cara mudah yang bisa sobat lakukan untuk mendeteksi keberadaan atom karbon pada suatu zat adalah dengan membakarnya. Jika hasil pembakaran menghasilkan asap dan abu berwarna hitam maka hampir dipastikan zat tersebut mengandung atom yang khas yaitu atom karbon.

Back to kekhasan atom karbon. Atom karbon yang dilambangkan dengan huruf C memiliki nomor atom 6 yang berarti ia memiliki 2 kulit dengan 4 buat elektron di kulit terluarnya. Atom yang teletak di golongan IV A dan periode 2 ini bisa memenuhi kaidah okte dengan menambahkan 4 elektron valensi dari atom-atom yang ia ajak berikatan.

Apa saja Kekahasan Atom Karbon?

Kalau ditanya apa sih yang paling khas dari atom karbon? Jawabannya adalah atom karbon is the only one (satu-satunya) atom yang dapat membentuk rantai ikatan antar sesama atom karbon yang sangat panjang. Atom karbon dapat membagi rata keempat elektron valensinya dalam satu ikatan kovalen yang stabil. Ia memiliki jumlah elektron valensi yang sama dengan jumlah elektron yang dibutuhkan agar mencapai kestabilan sesuai kaidah oktet.

Atom karbon punya ukuran yang relatif kecil dengan jumlah kulit hanya dua (K dan L) sehingga elektron valensi relatif dekat dengan inti atom. Gaya tarik inti atom terhadap elektron valensi cukup kuat. Hal ini menyebabkan atom karbon mudah membentuk ikatan rangkap dengan sesamanya hingga menghasilkan rantai karbon yang bisa sangat panjang. Rantai panjang karbon ini bissa berikatan dengan atom-atom lain membentuk senyawa organik yang sangat kompleks seperti karbohidrat atau vitamin. Kalau ditanya berapa panjangnya rantai karbon yang bisa dibentuk? Jawabannya bisa tak terhingga. Kekhasan atom karbon ini dapat menghasilkan molekul berantai dengan berbagai bentuk. Ada yang rantai terbuka ada juga rantai tertutup (melingkar).

1. Rantai Terbuka

Jika sobat punya 2 buah metana molekul metana (CH4) maka sobat bisa menggabungkan kedua molekul tersebut dengan mengganti satu atom H dengan atom C pada molekul yang lain. Terbentuklah terbuka tunggal seperti gambar berikut.

rantai terbuka tunggal

Bentuk rantai terbuka yang disebabkan kekhasan atom karbon tidak hanya tunggal (rangkap satu) bisa juga membentuk rantai terbuka dengan rangkap dua atau rangkap tiga. Simak contoh di bawah ini

2. Rantai Tertutup (melingkar)

Sifat yang khas dari atom karbon juga bisa menghasilkan ikatan tertutup atau melingkar. Sobat pernah melihat bentuk molekul dari benzena? Benzena adalah senywa hidrokarbon siklis (bentuknya melingkar) dengna rumus kimia C6H6

Kekhasan atom karbon jika dari bentukk fisiknya yaitu strukturnya sangat rapuh. Akan tetapi ketika ia dibakar akan menghasilkan karbon dioksida atau karbon monoksida beserta air. Hasil pembakaran karbon dapat menghasilkan suhu yang sangat tinggi. Di alam ditemukan 3 bentuk karbon yaitu grafit, intan (diamond) dan lamp black. Semua bentuk tersebut berawarna hitam kecuali intan.

Itulah sobat rangkuman singkat tentang kekhasan atom karbon. Pada intinya kekhasan atom karbon terjadi karena struktur atom (jumlah atom, jari-jari, elektron valensi, gaya tarik inti) yang menjadikannya bisa membentuk rantai karbon terbuka yang sangat panjang atau rantai karbon siklis.

Categories: kimia rumus kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings