X

Sifat-sifat Senyawa Alkana

Sifat-sifat Senyawa Alkana – Tahukah sobat senyawa karbon alkana yang punya rumus molekul CnH2n+2 ternyata punya sifat dan karakteristik yang cukup unik. Sifat yang dimilikinya inilah yang membedakan dengan senyawa karbon yang lain. Penasaran sifat apa saja yang dimiliki senyawa berikatan tunggal ini? Check this out..

Sifat-sifat Senyawa Alkana

[su_dropcap]1[/su_dropcap] Jika senyawa alkana mengalami reakasi pembakaran sempuran dengan oksigen maka akan dihasilkan gas CO2 dan uap air [H2O(g)]. Jika pembakaran yang terjadi tidak sempuran makan hasil reaksinya berupa gas karobon monoksida CO atau karbon padat dan H2O. Berikut contoh reaksinya

pembakaran sempurna
CH4(g) + O2(g) –>  CO2(g) + H2O(l)

pembakaran tidak sempurna
CH4(g) + O2(g) –>  CO(g) + H2O(l)
CH4(g) + O2(g) –>  C(s) + H2O(l)

[su_dropcap]2[/su_dropcap] Reaksi pembakaran yang terjadi pada senyawa alkana juga menghasilkan sejumlah energi yang cukup besar. Energi inilah yang sering dimanfaatkan manusia. Beberapa senyawa alkana merupakana bahan bakar yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Baca manfaat senyawa alkana.

[su_dropcap]3[/su_dropcap] Karena ikatannya merupakan ikatan tunggal (jenuh) maka golongan alkana sukar sekali bereaksi dibanding dengan senyawa organik lainnya. Senyawa karbon ini tikda bisa mengalami rekasi penambahan gugus atom lain (reaksi adisi). Ia hanya bisa mengalami reaksi substitusi dan reaksi pemutusan rantai ikatan karbon.

[su_dropcap]4[/su_dropcap] Karena sifat senyawa alkana yang sukar  bereaksi maka senyawa ini sering dijuluki parafin yang dalam bahasa yunani berasal dari kata parum = rendah dan affinis = hubungan (akrab).

[su_dropcap]5[/su_dropcap] Alkana merupakan senyawa nonpolar yang tidak larut dalam air. Ia bisa jadi pelaru yang baik untuk senyawa organik seperti kloroform (CHCl3), karbon tetraklorida (CCl4), dann Benzena C6H6.

 [su_dropcap]6[/su_dropcap]Alkana punya densitas (rapatan) yang lebih rendah daripada air, ketika ia dicampur dengan air ia tidak akan mau menyatu dan cenderung berada di bagian atas. Coba amati ketika sobat mencampur minyak tanah dengan air. Lihatlah minyak tanah yang sebagaian besar tersususun dari senaywa alkana akan berada di permukaan atas.

[su_dropcap]7[/su_dropcap] Sifat senyawa alkana yang cukup unik ialah semakin banyak atom C yang dimilikinya maka semakin tinggi titik didihnya. Selain itu dengan jumlah atom C yang sama, senyawa alkana dengan rantai lurus mempunyai titik didih yang lebih tinggi dari pada yang bercabang. Contohanya antara n-butana dengan propana, n-butana akan memiliki titik didih yang lebih tinggi. Sedangkan antara n-pentana dengan iso-pentana, n-pentana akan memiliki titik didih yang lebih tinggi.

Rumus Alkana Struktur Atom Titik Didih (oC)
 C4H10    -0,49
 C4H10    -11,97
 C5H12    36
  C5H12  28
  C5H12  9,48

Sebenarnya dalam senyawa alkan sedikit sekali keelektronegatifan antara atom karbon dengan atom hidrogen. Nilainya hampir nol. Hal ini menjadikan senyawa alakan kurang polaritasnya.  Bahkan untuk senyawa dengan bentuk siemtris seperti metana atau 2,2-dimetil pentana sama sekali tidak punya polaritas. Satu-satunya gaya tarik menarik antar atom yang terjadi adalah ikatan Van Der Waals dengan nilai yang sangat kecil. Gaya Van Der Waals akan semakin besar dengan bertambahnya jumlah molekul. Inilah yang menyebabkan sifat senyawa alkana yang punya titik didih lebih tinggi ketika punya rantai atom C yang lebih banyak. Itu tadi sobat 7 buah sifat-sifat dari senyawa alkana yang berhasil rumushitung kumpulkan. Semoga bermanfaat buat belajar kimia. Selamat belajar, jangan lupa ujian nasional 2014 sudah dekat. 😀

Categories: kimia rumus kimia
Tags: Hidrokarbon
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings