X

Apa sih Manfaat Ilmu Biologi?

Manfaat Ilmu Biologi – Sudah menjadi sunatullah yang namanya ilmu kalau diterapkan akan memberikan manfaat bagi umat manusia. Mungkin sobat sepikiran dengan saya, sudah lama belajar biologi tapi kira-kira apa yang manfaat ilmu biologi itu. Buat sobat yang melanjutkan pendidikan di bidang biologi kemudian punya pekerjaan yang erat kaitannya dengan ilmu alam ini pasti sudah tahu banyak tentang manfaat ilmu biologi yang ia pelajari semenjak sekolah dasar. Buat yang penasaran dengan manfaat ilmu biologi ini berikut rumushitung.com berikan rangkumannya.

Manfaat Ilmu Biologi di Bidang Kedokteran

Biologi erat kaitannya dengan penyakit dan kesehatan. Beberapa manfaat ilmu ini diantaranya:

  • Adanya virologi yang meruapkan salah satu cabang ilmu biologi yang memepelajari virus memberikan banyak kontribusi pada dunia kedokteran terutama dalam proses pemanfaatan virus untuk membuat berbagai macam vaksin. Vaksin pada dasarnya adalah virus yang telah dilemahkan dengan rekayasa gentika.
  • Berkat ilmu biologi pasangan suami istri yang tidak bisa mempunyai anak tetap bisa memiliki momongan dengan adanya teknik bayi tabung. Pembuahan antara sperma dan ovum dilakukan di luar tubuh untuk kemudian ditanamkan di rahim ibu.
  • Transplantasi untuk membantu orang yang mengalami kerusakan orga permanen.
  • Mikrobiologi di bidang kedokteran telah berhasil mengidentifikasi berbagai jenis bakteri untuk diteliti dan menemukan antibiotik dan obat yang tepat.

Manfaat Biologi di Bidang Pertanian

Salah satu masalah terbesar yang dihadapai oleh manusia adalah jumlah populasi mereka yang semakin lama semakin banyak. Kondisi tersebut memaksa adanya sumber pangan dalam jumlah yang besar. Biologi mempunyai peran yang cukup vital dalam menyediakan pangan yang cukup bagi manusia

  • Adanya bibit unggul membuat kapasitas produksi semakin meningkat ditambah peningkatan kualitas. Dengan bibit unggul dapat memangkas waktu tanam dan meningkatkan kualitas hasil panen. Selain bibit unggul juga telah banyak ditemukan berbagai teknik bertani seperti perawatan lahan, teknik cocok tanam, pemupukan, pengairan, dan sebagainya.
  • Tenik Kultur Jaringan. Kultur jaringan adalah metode tanam dengan menggunakan media tanam bukan tanah. Teknik ini menjadi solusi semakin sedikitnya lahan tanam. Teknik kultur jaringan bisa manghasilkan tanaman dengan umur pendek dan jumlah yang banyak. Beberapa jenis tanaman yang telah berhasil dikulturjanringan seperti pisang, wortel, kelapa sawit, bunga anggrek, dan kentang.
  • Rekayasa Genetika. Adanya penelitian mendalam masalah gentika telah berhasil menemukan berbagai produk pertanian unggulan seperti semangka tanpa biji, jeruk tanpa biji, duren daging tebal isi kecil, melon super, semangka kuning, jambu bangkok dan berbagai produk pertania unggulan lainnya.
  • Bioinsektisida. Kemajuan teknologi biologi molekuler bisa menghasilkan tanaman pangan yang mampu menghasilkan racun hama sendiri. Jadi petani tidak perlu lagi menggunakan isektisida yang mahal dan tidak ramah lingkungan.

Manfaat Biologi di Bidang Peternakan

Jangan salah, biologi juga punya peran yang penting dalam bidang pertanian. Kemajuan ilmu biologi mendorong peningkatan produksi ternak hewan melalui berbagai teknik diantaranya.

  • Inseminasi Buatan. Berkembangnya cabang ilmu biologi seperti anatomi, genetika, embriologi telah mampu menemukan teknik kawin suntik. Teknik ini bisa meningkatkan jumlah produksi dan kualitas ternak.
  • Vertilisasi Infitro, teknik pembuahan dengan embrio dihasilkan di luar kandungan indukan betina. Embrio yang telah jadi tidak harus serta merta langsung ditanamkan pada kandungan melainkan bisa disimpan dalam waktu tertentu dengan menggunakan nitrogen cair. Embrio unggul tersebut dapat ditanamkan baik di spesies unggul maupun non unggul.

Manfaat Biologi di Bidang Bisnis dan Industri

Banyak mikroorganisme setelah diteliti ternyata bisa menghasilkan potensi ekonomi yang luar biasa, diantaranya

  • Pemanfaatan mikroorganisme dalam industri makana seperti pembuatan nata de coco, yoghurt, kecap, tempe, keju, minuman fermentasi, dan lain sebagainya.
  • Beberapa organisme juga dimanfaatkan untuk memproduksi obat-obatan seperti antibiotik. Selain berguna bagi kesehatan juga bisa membuka lapangan kerja yang cukup potensial.
  • Selain mikroorganisme, dengan adanya penelitian lebih mendalam tentang berbagai spesies baru berhasil menemukan berbagai organisme yang dapat diolah dan dijual seperti ganggang, jamur, dan sebagainya.

Buat sobat yang punya pengetahuan lain seputar manfaat ilmu biologi silahkan ditambahkan untuk melengkapi rangkuman di atas. Wah ternyata karunia Tuhan berupa ilmu itu sangat luar biasa. Ia tidak bisa dibandingkan dengan yang namanya uang. Demikian manfaat biologi, selamat belajar.

Categories: biologi
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings