X

Perbedaan Jarak dan Perpindahan

Perbedaan Jarak dan Perpindahan – Dear Sobat hitung, salah satu dari tujuh besaran pokok yang kita kenal adalah panjang. Jarak atau perpindahan keduanya merupakan besaran pokok panjang dengan satuan internasional meter (meter). Namun demikian, ketika sobat belajar fisika keduanya akan dianggap berbeda. Apa sebenarnya perbedaan antar dua besaran pokok yang sama itu?

Jarak sering diartikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu beda bergerak dalam selang waktu tertentu sedangkan yang dimaksud dengan perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu beda dalam selang waktu tertentu. Jarak identik dengan jarak yang ditempuh sedangkan perpindahan hanya fokus pada perubahan kedudukan antara posisi awal dengan posisi akhir benda.  Untuk lebih jelasnya simak ilustrasi berikut

Coba sobat perhatikan gambar di atas, misalkan ada dua orang ipin dan upin masing-masing berangkat dari kota A dan kota B dengan jarak atau pangjang lintasan kota A ke B atau sebaliknya adalah 10 Km. Ipin berangkat dari kota A dan Upin berangkat dari kota B. Panjang lintasan yang ditempuh oleh Ipin dan Upin sama yaitu 10 km. Jika dilihat perubahan kedudukan  si Ipin berubah kedudukan dari kota A menjadi kota B dan Upin berpindah dari kota B ke kota A. Perubahan kedudukan yang dialami Ipin dan Upin tidak sama (berbeda). Inilah yang membedakannya dengan jarak. Jarak yang ditempuh oleh Ipin dan Upin sama 10 Km dan itu tidak bergantung pada arah. Inilah yang dinamakan besaran skalar yang selalu bernilai positif.

Perpindahan yang dialami Ipin berlawanan dengan perpindahan yang dialamin Upin. Perpindahan tersebut adalah besaran vektor yang tergantung dengan arah. Ketika sobat menyatakan perpindahan Ipin dari kota A ke B adalah 10 km maka perpindahan Upin dari kota B ke A adalah -10 km. Yuk sobat simak contoh soal berikut

Perhatikan Gambar di bawah ini. Sebuah sebuah sepeda bergerak dari A ke C dan kemudian berbalik arah menuju B hitung jark dan perpindahan yang ditempuh oleh motor tersebut?

Jawab

Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh beda sedangkan perpindahan hanya perlu dicari dengan mencari selisih kedudukan akhir dengan kedudukan semula.

Jarak yang ditempuh = Jarak A ke B melalui C = Panjang ACB = Panjang AC + Panjang CB = 8 + 3 = 11 Perpindahan = Perpindahan A ke B melalui C = Selisih A dan B = B – A = 1 -(-4) = 1 + 4 = 5

Okey sobat itulah tadi uraian singkat mengenai perbedaan jarak dan perpindahan. Semoga bisa membantu belajar sobat hitung di rumah.

Categories: rumus fisika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings