X

Sejarah Penemuan Persentase

Sobat mungkin ada yang bertanya dari mana sih asal mula persentase? Bagaiman sejarah penemuan persentase? Kapan ia pertama kali digunakan? Dan kenapa sih lambangnya “%”? Temukan jawabannya di bawah ini.

Dahulu pada saat jaman romawi kuno, jauh sebelum munculnya sistem desimal yang memungkinkan menuliskan angka dengan ada angka dibelakang koma, perhitungan untuk angka-angka tertentu sering di buat dalam fraksi-fraksi kelipatan 1/100. Di jaman romawi kuno dikenal adanya pajak lelang yang dihitung sebesar 1/100 dari nilai lelang yang dikkenal dengan nama centesima rerum venalium. Perhitungan ini mirip dengan istilah persen yang kita kenal komputasi modern. Pada abad-abad berikutnya, istilah pembagi 1/100 ini kemudian sering digunkan dalam berbagai penghitungan. Ia digunakan untuk mencari bagian dari sebuah bagian besar.

Di akhir abad ke-15 persen sudah umum digunakan pada berbagai laporan seperti laporan laba rugi, suku bunga, penjualan, dan lain-lain. Di abad ini pula penulisan persen mengalami perubahan. Dulu dituliskan dengan kata “percento” kemudian kata “per” digantikan oleh tanda miring “/” dan cento digantikan oleh dua tanda nol (0) yang kemudian kita kenal luas simbolnya persen sebagai “%”. Demikian sejarah penemuan persentase, semoga bermanfaat. Bagianda yang ingin belajar bagaimana cara menghitung persentase, silahkan baca di cara menghitung persentase.

sumber : wikianswer.com

Categories: Lain-lain
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings