X

Sistem Roda dan Gandar

Fisika SMP – Buat sobat yang suka nggowes pakai tidak asing dengan namanya roda. Akan tetapi tahukah sobat apa itu gandar? Gandar adalah roda yang digerakkan oleh gaya yang bekerja pada roda yang lain. Roda dan gandar adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua buah roda yang saling terhubung, roda yang besar disebut “roda” dan roda yang kecil disebut dengan “gandar”. Roda yang besar merupakan tempat kita memberikan gaya yang kemudian akan menggerakkan roda yang kecil atau gandar. Sistem roda dan gandar atau yang dalam bahasa inggris disebut “wheel and axle” merupakan pesawat sederhana yang bisa memudahkan pekerjaan kita. Sistem ini sudah ditemukan sejak abad ke-19 sedangkan roda sudah ditemukan sejak 4000 tahun sebelum masehi. Agar sobat hitung lebih paham simak contoh berikut

Perhatikan obeng di atas. Obeng tersebut bekerja menggunakan prinsip roda dan gandar. Bagian yang sobat putar (roda yang lebih besar) akan menggerakkan roda yang lebih kecil yaitu ujung obeng atau disebut gandar. Dengan sistem ini sobat dengan dapat meutar gandar untuk mengencangkan atau melepas sekrup. Bayangkan susahnya jika sobat harus membukan sekrup dengan memegang ujung obeng bagian bawah. Kita kembali pada sepeda. Pesawat sederhana pada sepeda juga menggunakan prinsip roda dan gandar. Sistem tersebut berada pada pedal sepeda dan roda gear. Roda yang besar adalah peda yang sobat kayuh sedangkan gandarnya adalah gear depan yang kemudian akan dihubungkan dengan rantai untuk memutar gear belakang.  Sistem gandar juga berlaku pada gear depan dengan gear belakang.

Dengan adanya roda dan gandar orang yang naik sepeda dapat mengayuh lebih muda dan mendapatakan keutungan mekanis. Pengendara sepeda juga bisa menatur perbandingan ukuran gir depa dan gir elakang untuk men-setting laju sepeda. Intinya, makin kecil roda belakang (gandar) maka akan semakin cepat lajunya tapi semakin berat tarikan pedalnya dan sebaliknya semakin besar gear belakang maka semakin ringan kayuhannya tapi laju sepedapun semakin lambat (baca hubungan roda-roda). Berikut contoh-contoh roda dan gandar yang ada disekitar kita.

 1. Setir Mobil
pada setir mobil bagian lingkaran setir luar merupakan roda dan poros tengah yang terhubung dengan ban mobil adalah gandar.

2. Obeng Ban Mobil
Dengan adanya sistem wheel axle kita bisa dengan mudah melepaskan ban mobil atau kendaraan yang bocor dengan obeng.

3. Rautan Pencil (Pencil Sharpener)
Jika sobat menemukan rautan pensil duduk di sekolah, maka alat itu juga menerapkan sistem roda dan gandar.

Categories: rumus fisika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings