X

Cara Belajar Matematika yang Efektif

 Selamat malam sobat hitung, mungkin banyak dari sobat yang bertanya-tanya, kenapa sih ngga paham-paham matematika. Susah banget sih buat memahaminya. Atau sobat bertanya-tanya bagaiamana cara belajar matematika yang benar? Hehehehe setiap orang punya kelebihan dan kecerdasan masing-masing, kalau sobat belum jago atau ngga jago matematika mungkin sobat jago di bidang yang lain seperti main musik, olahraga, atau yang lain. Kalu sobat ingin tahu cara belajar matematika yang baik, kami coba sajikan salah satu alternatif cara belajar matematika yang efektif. Semoga bisa cocok dan membantu sobat hitung di rumah.

1. Perhatikan Saat Guru Menerangkan di Kelas

Salah satu cara yang paling efektif memahami materi matematika di sekolah adalah memperhatikan betul ketika guru menerangkan. Coba saja sobat praktekan. Dengan memperhatikan dengan baik kelas paling tidak sobat sudah belajar sekali. Ini menjadi cicilan sobat belajar di rumah jadi di rumah tidak perlu belajar terlalu banyak. Apa yang diterangkan oleh guru di sekolah adalah informasi dari sumber pertama yang bisa jadi lebih valid. Walaupun tidak selalu benar, tapi kita bisa mengatakan guru kita lebih berpengalaman dari kita soal matematika.

2. Buatlah Catatan

Jadi ingat nasihat sahabat Ali Bin Abi Thalib r.a. ikatlah ilmu dengan menuliskannya. Ternyata jika sobat mempraktekkannya dalam belajar matematika inshaa Alloh hasilnya lebih efektif. Dengan membuat tuliasn paling tidak ketika sobat lupa ada yang bisa mengingatkan lagi. Cukup dengan membacanya ulang sobat bisa kembali ingat materi matematika di sekolah. Karena pentingnya catatan, usahakan sobat membuat catatan sejelas mungkin paling tidak bisa dibaca sendiri, syukur-syukur bisa dibaca dan bermanfaat buat teman yang lain.

3. Belajarlah Mencintai

Kami selalu sependapat dengan perkataan, “Kadang bukan ngga atau belum cocok tapi kita belum serius mencoba”. Cobalah mencintai matematika. Dengan apa? love = work. Cobalah baca-baca hal-hal yang menarik dari pelajaran matematika di sekolah. Coba sering-sering mengingatnya seperti sobat mengingat gadis tetangga. sering-sering berduaan dengannya. Terakhir, buktikan sobat bisa menaklukan hatinya dengan nilai 100 saat ulangan.

4. Lakukan Test

Untuk mengukur seberapa paham kita mengenai suatu materi matematika, lakukan tes-tes kecil dengan mengerjakan soal di buku paket, lks, atau soal-soal tahun sebelumnya. Dengan melakukan hal tersebut sobat akan paham pada bagian mana sobat yang kurang dan harus diperbaiki. Dengan sering melakukan test juga akan melatih mental mengerjakan soal matematika.

5. Aplikasikan Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara yang menurut kami paling efektif belajar matematika adalah dengan mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya misalnya sobat membeli topi harga 5.000 jika ingin mengambil persentase untung 5%  berapa topi tersebut harus dijual?  Hehehe dengan mengaplikasikan ilmu matematika pasti bisa menentukan harga jual topi tersebut. Semakin sering mengaplikasikan ilmut tersebut maka akan semakin nempel di ingatan, makin mudah dipahami, dan kita akan makin mampu mengajarkannya ke orang laing. Praktek adalah cara terbaik mempelajari sebuah ilmu.

6. Carilah Tutor selain Guru

Carilah tutor yang lebih dari seorang guru. Terkadang kita aga malu, canggung, atau bahkan ketika menghadapi guru. Nah inilah yang bisa menjadikan kita susah belajar matematika. Carilah tutor tambahan seperti kakak kelas, teman sekelas, tetangga, atau sanak saudara yang bisa dijadikan tutor yang lebih nyaman dan lebih komunikatif dengan kita. Dengan tutor yang lebih nyaman akan membantu sobat belajar matematika lebih baik.

Mungkin tiap sobat punya cara belajar matematika masing-masing dan dari semua cara tersebut tidak ada yang salah. Yang paling penting seimbang, cara belajar tersebut bisa meningkatkan pemahaman dan nilai matematika sobat dan sobat nyaman menjalaninya. Sekian dulu, semoga bermanfaat.

rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings