X

Reaksi-Reaksi pada Senyawa Hidrokarbon

Reaksi-Reaksi pada Senyawa Hidrokarbon – Sebelum membaca artikel ini alangkah baiknya sobat baca dulu apa itu hidrokarbon? Reaksi yang terjadi pada hidrokarbon dibagi menjadi tiga yaitu reaksi substitusi,adisi,dan eliminasi.

Reaksi substitusi

Reaksi substitusi adalah reaksi penggantian (penukaran) suatu gugus atom oleh gugus atom lain .Pada reaksi substitusi tidak terjadi perubahan ikatan ,misalnya reaksi yang terjadi pada alkena (baca : senyawa alkena). Apabila alkena direaksikan dengan halogen (X2),atom H pada alkena dapat disubstitusi ( ditukar ) oleh atom halogen. Syarat suatu zat dapat bereaksi dengan alkana yaitu zat tersebut harus cukup reaktif dan memiliki elektron tidak berpasangan. Selain itu reaksi harus dilakukan pada suhu tinggi dengan bantuan ultraviolet.

Pada saat reaksi halogen ( X2 ) akan terurai terlebih dahulu menjadi atom – atom untuk memperoleh electron yang tidak berpasangan. Iodium (I2) bersifat tidak reaktif sehingga tidak dapat bereaksi dengan alkena. Bromin (Br2) bersifat kurang reaktif tetapi dengan pemanasan pada suhu 2500 C – 4000 C Br2 dapat bereaksi dengan alkana. Metil klorida adalah gas yang digunakan sebagai pendingin dalam lemari es.klorofin merupakan cairan yang berfungsi sebagai pemati rasa (anastetis).

Reaksi Adisi

Adalah reaksi penambahan satu atom pada ikatan rangkap baik ikatan rangkap dua maupun rangkap tiga sehingga terjadi pengurangan ikatan. Pada reaksi ini terjadi perubahan ikatan dari ikatan rangkap tiga menjadi ikatan rangkap dua selanjutnya menjadi ikatan tunggal .Contohnya reaksi adisi pada alkena dan alkuna.

a) Reaksi adisi Pada Alkena
Reaksi adisi pada alkena dapat terjadi pada alkena simetris dan asimetris.Edisi alkena menghasilkan alkana.

  • Alkena simetris
    Alkena simetris yaitu alkena yang ikatan rangkapnya terletak diantara atom C yang mengikat substitusi sama CH3 – CH = CH – CH3 .
  • Alkena Asimetris
    Alkena asimetris yaitu alkena yang ikatan rangkapnya terletak diantara atom C yang mengikat substitusi tidak sama.

b) Reaksi Adisi pada Alkuna
Adisi alkuna menyebabkan perubahan ikatan rangkap tiga pada rantai ikatannya berubah menjadi ikatan rangkap dua.Reaksi ini masih dapat berlanjut sehingga diperoleh ikatan tunggal atau senyawa jenuh.

Reaksi Eliminasi

Reaksi eliminasi merupakan kebalikan reaksi adisi. Reaksi Eliminasi yaitu reaksi penghilangan suatu gugus atom pada suatu senyawa. Pada reaksi eliminasi terjadi perubahan ikatan yaitu ikatan tunggal  menjadi ikatan rangkap dua dengan melepaskan molekul kecil. Reaksi eliminasi dibedakan menjadi tiga yaitu reaksi dehidroalogenasi,dehidrasi,dan dehidrogenasi.

·  Reaksi Dehidroalogenasi
Adalah reaksi eliminasi pada alkil heliga dengan basa kuat dengan

·  Reaksi Dehidrasi
Adalah jenis reaksi eliminasi pada pemanasan senyawa karbon dengan katalis asam pekat.Pada reaksi ini dihasilkan suatu alkena dan air.

·  Reaksi Dehidrogenasi
Adalah reaksi eliminasi pada senyawa hidrokarbon dengan melepaskan hydrogen,dengan bantuan suatu katalis.

Reaksi Oksidasi

Senyawa hidrokarbon dapat mengalami reaksi oksidasi.Reaksi oksidasi adalah reaksi senyawa-senyawa hidrokarbon dengan gas oksigen disertai dengan nyala api.Reaksi oksidasi disebut juga reaksi pembakaran.Reaksi pembakaran hidrokarbon dibedakan menjadi dua yaitu pembakaran sempurna dan tidak sempurna.Reaksi pembakaran hidrokarbon dapat digunakan untuk mengetahui jenis hidrokarbon yang terbakar.Caranya dengan menggunakan stoikiometri.

Categories: kimia rumus kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings