X

Sifat dan Manfaat Silikon

Silikon adalah unsur golongan IV A bersama dengan Karbon, Germanium, Timah dan Timbal. Silikon adalah unsur elektropositif yang paing berlimpah di kerak bumi. Unsur dengan nomor atom 14 ini merupakan unsur metaloid yang berwarna perak mengkilap dan tekstur sangat rapuh. Penasaran dengan sifat dan manfaat silikon? berikut selengkapnya.

Sifat Silikon

Golongan : 14
Periode : 3
Blok : p
Nomor Atom : 14
Wujud dalam Suhu Ruangan : Solid
Konfigurasi Elektron : [Ne] 3s23p2
Titik Leleh : 1414 oC, 2577.2 oF, 1687.15 K
Titik Didih : 3265 oC
Densitas : 2329 kg/m3
Masa Atom Relatif : 28.086
Isotop : 28Si, 30Si
Jumlah Total Isotop : 5
Energi Ionisasi Ke-1 : 786.3 kJ.mol -1
Energi Ionisasi Ke-2 : 1576.5 kJ.mol -1
Energi Ionisasi Ke-3 : 3228.3 kJ.mol -1

Silikon di alam mengandung 92,2% dari isotop 28, 4,7% dari isotop 29, dan 3,1% dari isotop 30. Silikon memiliki sifat metaloid . Silikon adalah semikonduktor dalam penampakan dan sifatnya sangat mirip dengan logam. Logam ini tidak ditemukan bebas di alam tetapi dijumpai dalam bentuk senyawanya seperti Silikon dioksida (SiO2) yang sering disebut dengan silika maupun Silikon tetraoksida (SiO4).

Unsur silikon banyak ditemukan dalam pasir dan quartz, senyawa ini membentuk jaringa makromolekul struktur tiga dimensi sehingga punya titik lelh yang rerlatif tinggi (1414 oC). Silikon dioksia tidak memiliki warna tetapi ada campuran sedikit lobagm yang kadang bisa memberikan warna ungu, merah muda, cokelat, atau kuning. Sedangkan Silikon tetraoksida atau yang sering disebut dengan “Silikat” tidak larut dalam air karena strukturnya yang unik.

Sejarah Penemuan Silikon

Silika adalah salah satu benda berstruktur tajam pertama yang dibuat oleh manusia. Pada peradaban kuno orang-orang sebenarnya telah menggunakan silika yang didapat dari batu kristal. Baru pada tahun 1811, Joseph Gay Lussac dan Louis Jacques Thenard berhasil merekasikan silikon tetraklorida dengan logam kalium dan menghasilkan beberapa bentuk silika murni. Pada tahun 1824, Jacob Berzelius, seorang ahli kimia asal Swedia berhasil mensintesis silikon dengan memanaskan Kalium flourosilikat dengan kalium. Dengan cara ini zat kontaminan berhasil di pisahkan dan didapat bubuk silikon murni.

Fungsi dan Kegunaan Silikon

Asal sobat hitung tahu, silikon merupakan salah satu unsur paling punya banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Silikon digunakan secara luas di berbagai aspek teknologi. Silikon digunakan sebagai elemen pada perangkat keras komputer dan industri mikroelektronika. Dalam setahun bisa diproduksi 80.000 ton semikonduktor berbahan silikon. Ada namanya batu granit yang tersusun atas senyawa silikon kompleks banyak digunakan sebagai bahan bangunak pada proyek-proyek teknik sipil. Manfaat silikon juga terdapat pada pasir silika yang merupakan bahan utama pembuatan kaca. Kaca sendiri punya banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Silikon karbida abrasif digunakan dalam sinar laser.

Berbagai bahan yang bermanfaat bagi kita seperti tembikar, enamel, dan kermik merupakan silikat. Silikon metalurgi dengan kemurnian 98-99% digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan silikon resin, segel, dan minyak. Chip silikon digunakan dalam sirkuit elektronik. Sel surya untuk konversi langsung dari penggunaan energi surya terdiri dari lempeng tipis yang berasal kristal silikon sederhana kelas elektronik. Silikon dioksida digunakan sebagai bahan baku untuk memproduksi silikon elemental dan silikon karbida. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak manfaat silikon bagi kehidupan kita. Bagi sobat yang sudah menemukan manfaat silikon atau sifat silikon yang lain jangan ragu-ragu untuk membaginya lewat kolom komentar di bawah.  😀

Categories: kimia
Tags: Kimia Unsur
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings