X

Manfaat Nitrogen dan Cara Memeperolehnya

 Sobat, kali ini kita akan coba mengenal lebih dekat tentang unsur nitrogen. kita akan mencari tahu apa manfaat nitrogen dan bagaimana sih cara memperolehnya. Nitrogen adalah golongan dari  golongan V A periode 2. Unsur dengan simbol N ini pertama kali ditemukan oleh Daniel Rutherford pada tahun 1772 di Skotlandia. Nitrogen juga merupakan udara yang paing banyak terkandung di atmosfer bumi. Di atmosfer bumi kita 78% lebih merupakan gas nitrogen. (baca : kelimpahan unsur di alam).

Manfaat Nitrogen

Tahukah sobat, nitrogen adalah unsur super penting yang menyusun berbagai macam protein dan asam amino. Hampir semua jenis protein dan asam amino secara komposisi mengandung lebih dari 15% Nitrogen adn seisanya adalah karbon (C), Hidrogen (H), Sulfur (S), Fosofr (P), dan oksigen (O). Hampir semua tumbuhan membuat protein dengan menggunakan ion nitrat (NO3) yang diambil akar dari dalam tanah. Ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa mengubah unsur nitrogen bebas di udara menjadi amonium dengan bantuan mikroorganisme bakteri. Mereka adalah jenis tumbuhan polong-polongan.  Senyawa nitrogen seperti amonia, amonium nitrat, amonium sulfat. dan urea banyak manfaatnya sebagai bahan pupuk.

Selain manfaat nitrogen tersebut di atas, bebarapa senyawa nitroat seperti amonium nitrat, nitrogliserin, trinitrotoluena (TNT), dan selulosa nitrat merupakan bahan-bahan yang digunakan untuk memproduksi bahan peledak. Gas nitrogen banyak dimanfaakan sebagai isolator sebuah sistem terutam dari kontak udara dengan oksigen. Hal ini bisa dijumpai pada industri metalurgi seperti produksi baja, besi, kilang minyak, industri maonia. Nitrogen dalam wujud cair (nitrogen cair) dimanfaatkan sebagai cairan pendingin. Banyak beragam makanan yang diawetkan dengan membekukannya dalam nitrogen cair. Di dalam dunia militer, nitrogen digunakan sebagai bahan pencegah kebakaran pada pesawat tempur.

Manfaat Nitrogen Mengisi Ban Kendraan Bermotor

Dalam satu dekade terakhir sobat pasti banyak menjumpai gas nitrogen banyak digunakan untuk mengisi ban kendaraan bermotor. Banyak ditemukan SPBU atau bengkel  yang menyediakan nitrogen untuk mengisi udara dalam ban. Manfaat nitrgogen dalam pengisian udara dalam ban ternyata cukup banyak. Pertama akan mengurangi risiko korosi pada velg roda, jika diisi udara biasa akan banyak mengandung oksigen yang dapat memicu korosi. Suhu ban relatif lebih dingin. Nitrogen dapat meningkatkan umur penggunaan ban, tidak mudah keluar dari ban dan mencegahnya dari keausan.

Cara Memperoleh Nitrogen

Secara komersial nitrogen diperoleh dengan melalui proses kondensasi udara menjadi bentuk cair dengan distilasi fraksinasi. Titik didin N2 lebih rendah dibandingkan dengan O2 sehingga nitrogen akan terdistilasi terlebih dahulu dibandingkan dengan oksigen.  Selain N2 banyak juga gas yang diproduksi dengan cara serupa seperti Oksigen (O2), Neon (Ne), Kripton (Kr), Xenon (Xe), dan juga Argon (Ar).

Lebih dari 50 juta ton N2 diproduksi tiap tahunnya. Dari total produksi tersbut porsi paling besar terjadi karena produksi O2 cair untuk proses pembuatan baja skala besar. Pada saat produksi O2 cair ini dihasilkan bahan sampingan N2. Secara komesial 60% nitrogen dipasarkan dalam wujud gas dan sisanya dipasarkan dalam wujud cair.

Dalam laboratorium, nitrogen dapat dibuat dengan beberapa cara antara lain sebagai berikut.

1. Amonium Nitrit yang dipanaskan

NH4Cl + NaNO2 → NaCl + NH4NO2  kemudian
NH4NO2 → (dipanaskan) → N2 + 2H2O

2. Pemanasan Natrium azida dan Barium Azida pada suhu minimal 300oC

Nitrogen murni dapat diperoleh dengan pemansan senyawa Natium Azida NaN3 dan Barium Azida Ba(N3)2 pada suhu yang sangat tinggi. Reaksinya sebagai berikut

NaN3(s) → dipanaskan → 2Na(s) + 3N2(g) .

3. Oksidasi amonia dengan kalsium hipoklorit, bromin, atau CuO

4NH3 + 3Ca(OCl)2  → 3CaCl2 + 6H2O
8NH3 + 3Br2 → N2 + 6NH4Br

Dengan begitu banyaknya manfaat gas ini, mungkin masih banyak sekali manfaat nitrogen yang belum ditemukan oleh teknologi saat ini dan  mungkin saja salah satu dari sobat yang akan menemukannya kelak. Semoga bermanfaat.

sumber : wikihow.com dan panduan belajar kimia SMA kelas 3

Categories: kimia
Tags: Kimia Unsur
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings