X

Gema dan Gaung

Hayo sobat yang sudah pernah belajar materi getearan dan gelombang fisika ada yang tahu ngga beda antara gema dan gaung? Gema dan gaung keduanya sama-sama jenis bunyi pantul. Lalu apa beda keduanya? Beda gaung dan gema bisa sobat temukan di penjelasan di bawah ini. Check this out!

a. Gaung

Bunyi dapat merambat melalui berbagai macam medium. Medium bisa berupa padat, cair, dan gas. Ketika bunyi merambat ia memerlukan waktu. Nah, ketika di ruangan besar tertutup ada yang namanya dinding. Dinding tersebut berjarak cukup jauh dari sumber bunyi. Akibatnya, jika bunyi yang terpancar akan dipantulkan oleh dinding ruangan tersebut. Bunyi pantul tersebut datang terlambat dan hanya sebagian yang bersamaan dengan bunyi asli sehingga menyebabkan bunyi asli terdengar tidak jelas.

Misal

Bunyi asli diucapkan : be-la-jar

Bunyi yang terdengar : be-….(bunyi tak jelas)….-jar

Kata yang diucapkan ada 3 suku kata tapi yang terdengar jelas kurang dari itu. Bunyi pantul yang demikian itu dinamakan gaung atau juga disebut kerdam (reveveration : inggris). Jadi gaung atau kerdam adalah bunyi pantul yang hanya sebagian bersamaan dengan bunyi asli sehingga menyebabkan bunyi asli terdengar tidak jelas. Bunyi pantul ini sangat merugikan terutama untuk acara seminar atau konser di dalam ruangan. Untuk mengatasi gaung, bisanya gedung-gedung yang mempunyai ruangan yang cukup luas dindingnya dilapisi dengan bahan yang mampu meredam bunyi. Bahan perdam ini biasanya terbuat dari bahan lunak dan bersifat menyerap bunyi seperti karpet, styrofoam (gabus), karet, karet busa, kardus, karton, kain, dan juga kapas. Jadi sebuah gedung pertemuan yang baik pasti tidak akan timbul gaung di dalamnya.

b. Gema

Ketika sobat naik gunung, kemudian menjumpai sebuah tebing di sekitar lereng cobalah berteriak sekeras mungkin. Apa yang terjadi? Sobat akan mendengar seolah-olah ada yang menirukan suara sobat sehingga suarat tersebut terdengar kembali dengan cukup jelas. Apa sebab peristiwa ini terjadi? Tebing merupakan medium padat yang dapat menjadi dinding pemantul buyi. Karena jarkanya jauh dari sumber bunyi maka bunyi yang dipantulkan akan datang terlambat sampai ke telinga kita. Akibatnya, bunyi pantul tersebut akan terdengar jelas ke telinga kita setelah bunyi asli selesai diucapkan. Nah, bunyi pantul yang seperti inilah yang disebut dengan gema atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan echo. Jadi gema adalah bunyi pantul yang terdengar sesaat setelah bunyi asli selesai diucapkan.

Bunyi pantul gema yang terjadi bisa sobat gunakan untuk memperkirakan jarak tebing dengan posisi sobat. Berikut ilustrasinya.

Sesorang mengucapkan 2 suku kata di sekitar tebing di lereng gunung.. Setelah selesai mengucapkan suku kata kedua datanglah buyi pantul dari suku pertama. Jika dalam 2 sekon diucapkan 2 suku kata, hitunglah jarak orang tersebut terhadap teping (media pematul). Diketahui cepat rambat bunyi di udara 340 m/s

Jawab
Diketahui
v = 340 m/s
t = 2 detik / 2 = 1 s
Ditanya
S = …?
Jawab
S = 1/2 v.t = 1/2 . 340 . 1 = 170 m

Jadi jarak oranng tersebut dari tebing adalah 170 m.

Selain pemanfaatan seperti ilustrasi di atas, bunyi pantul juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui kedalaman air laut atau panjang sebuah lubang atau goa. Bagaimana cara mengukur kedalaman laut dengan menggunakan bunyi pantul ini? Untuk mengukur kedalaman laut di kapal dipasang dua alat yaitu osilator (menghasilkan bunyi) dan hidrofon yang berfungsi sebagai penerima. Gelombang akan ditembakkan ke arah kedalaman laut menggunakan osilator.  Gelombang tersebut merambat melalui air laut dan dipantulkan kembali oleh dasar laut untuk diterima oleh hidrofon.  Selang waktu antara penembakan gelombang sampai gelombang tersebut diterima kembali dihitung menggunakan alat khusus. Setelah ketemu selang waktu dan kecepatan rambat bunyi di air laut maka kedalaman laut tersebut bisa ditentukan dengan rumus seperti di atas.

Contoh Soal

Itulah tadi sobat dua jenis bunyi pantul, gaung dan gema. Jadi dapat disimpulkan bahwa dari kedua jenis bunyi pantul tersebut ada perbedaan yang mencolok dari segi kapan datangnya bunyi pantul. Gaung datang sebagian dan mengganggu bunyi asli sedangkan gema datang setelah bunyi asli sehingga terdengar ada pengulangan bunyi asli. Gaung sangat merugikan dan gema punya manfaat untuk mengestimasi jarak. Sekian semangat belajarnya. 😀

Categories: rumus fisika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings