X

Cara Mudah Menghitung Persentase Di Excel

Dear sobat hitung, kali ini kita akan berbagi sedikit tips tentang bagaimanan menghitung persen dengan menggunkan microsoft excel. Kita semua tahu excel spreasheet adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan dan familiar dalam pengolahan data. Persentase adalah bagian yang tidak terpisahkan ketika kita mengolah dan menyajikan data. Dengan adanya persentase memudahkan pengguna atau pembaca data untuk menangkap dan menganalisis data yang disajikan.

Menampilkan Persentase di Cell Ms. Excel

Di Ms. Excel ada beragam format untuk angka salah satunya format persentase (Percentage). Secara default persentase akan disajikan dalam format pecahan desimal. Misalkan nilai yang seharusnya 25% dalam format default akan ditampilkan dengan 0,25. Untuk menampilkan format persentase sobat harus mengubah format cell yang berisikan nilai tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih cell yang akan yang berisi data yang tampilannya akan diubah ke bentuk persentase.
  2. Klik kanan pilih format cell atau bisa dengan shortcut Ctrl + 1 atau bisa juga dengan memilih menu home lihat kota format cell di box number (perhatikan gambar di bawah)

    (box number)
  3. Akan muncul dialog box format cell. Pilih percentage kemudian akan ada pilihan jumlah desimal yang akan ditampilkan. Pilih sesuai kebutuhan kemudian tekan ok
    (dialog box format cell)
    Misal 0,25 setelah diformat akan menjadi 25% jika kita memilih jumlah desimal di belakang 2 maka akan menjadi 25,00%
    Misal 0,1234 setelah di format akan menjadi 12,34%

Tipe Penghitungan Persentase

Sebenarnya ketika kita mengolah data dan menghitung persentasenya, di situ akan ada dua jenis penghitungan persentase yaitu peresentase dari proporsi  dan persentase perubahan jika dibandingkan dengan data yang lain.

Persentase dari Proporsi

Contoh sederhananya seperti ini: Jika sobat ulangan matematika ada 50 soal dan hanya bisa mengerjakan dengan benar 40 soal. Berapa persentasenya? Untuk menghitungnya dengan excel cukup mudah
rumus

hasil

Jika sobat ingin menghitung sampel nilai yang lain caranya sama yaitu dengan membaginya degan jumlah soal total karena yang kita cari adalah persentase dari proporsi (pembagi sama). Jika si A menjawab benar 30 soal maka persentasenya adalah 60%, jika si B menjawab benar 45 maka persentasenya adalah 90%, dan seterusnya.

Persentas Perubahan (Kenaikan atau Penurunan)

Contoh kasus yang paling sering adalah menghitung persentase kenaikan atau penurunan penjualan sebuah produk. Misalnya di bulan Desember 2014 produk a berhasil menghasilkan penjualan sebesar 2.000.000 dan di bulan Januari 2015 berhasil menghasilkan penjualan total 2.500.000. Berapa persentase kenaikan penjualannya? Dengan menggunakan Ms excel anda bisa mengikuti formula berikut
rumus

hasil

Rumus Persentase Perubahan Penjualan
% = (jumlah akhir-jumlah awal/ jumlah awal )

Untuk mendapatkan hasil seperti gambar di atas sobat tinggal mengubah format di cell B3 ke format percentage sebagaimana langkah yang sudah dijelaskan di awal. Muda bukan untuk menghitung persentase di excel? Selamat mencoba. Jika sobat menemui kesulitan jangan ragu untuk menanyakannya di kolom komenter di bawah. (Baca juga : Gimana sih cara menghitung persentase?)

Categories: rumus excel
Tags: Persentase
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings