X

Sifat-Sifat Magnet

Sifat-Sifat Magnet – Jika sobat punya sebuah magnet kemudian digantungkan dengan setutas tali secara horizontal, coba amati, dalam keadaan kedua tenang ujung magnet tersebut  pasti mengarah ke utara dan selatan bumi. Itulah satu dari sekian banyak sifat dan karakteristik yang unik dari magnet. Magnet adalah material logam yang mampu menghasilkan medan magnet. Ia mampu menarik segolongan logam seperti besi, kobalt, nikel, seng, dan sebagainya. Logam-logam yang dapat ditarik magnet ini kemudian disebut memiliki sifat feromagnetik.

Sifat-Sifat Magnet

  1. Magnet terdiri dari dua kutub, utara dan selatan. Kutub utara adalah bagian ujung magnet yang mengarah ke kutub utara bumi dan kutub selatan adalah ujung magnet yang mengarah ke kutub selatan bumi.
  2. Magnet bersifat menarik logam-logam tertentu yang kemudian disebut logam feromagnetik.
  3. Kutub magnet yang sejenis akan tolak menolak dan kutub yang berbeda jenis akan tarik menarik.
  4. Jika sebuah magnet besar dipotong terus menerus akann menghasilkan banyak megnet kecil yang tetap memiliki pasangan kutub utara dan selatan.
  5. Sifat magnet dapat berkurang apabila magnet tersebut dipanaskan, dibenturkan, diletakkan dalam kumparan yang dialiri arus listrik bolak balik, atau disimpan dengan magnet yang lain dengan mendekatkan kutub yang sama.

Sifat Sebuah Benda Terhadap Magnet

Setiap benda akan berperilaku berbeda-beda ketika di dekatkan dengan sebuah magnet. Ada benda yang tertarik kuat, tertarik lemah, atau bahkan tidak tertarik sama sekali. Dengan melihat perilakunya terhadap magnet, benda-benda dapat di klasifikasikan menjadi:

  1. Paramagnetik
    Bahan atau benda paramagnetik adalah benda yang sedikit tertarik ketika mereka berada pada di dalam medan magnet akan tetapi ketika medan magnet tersebut dihilangkan tidak meninggal sifat magnetik ketika medan magnet ditiadakan.

    Bahan-bahan yang tergolong paramagnetik seperti alumunium, natrium, kalsium, oksigen, dan tembaga klorida. Zat-zat ini sedikit tertarik ketia ditempatkan dalam medan magnet. Mereka memiliki kecenderungan untuk bergerak dari daerah medan magnet lemah ke daerah dengan medan magnet tinggi.

  2. Diamagnetik
    Diamagnetisme adalah sifat benda yang cenderung menciptakan medan magnet sendiri (sangat lemah) ketika diletakkan dalam medan magnet. Jadi bahan diamagnetik cenderung menolak (sangat lemah) apabila di letakkan pada medan magnet. Contoh bahan diamagnetik seperti air, bismuth, karbon, dan sebagainya.
  3. Feromagnetik
    Feromagnetik adalah sifat benda yang terarik kuat ketika diletakkan di dalam medan magnet. Benda-benda feromagnetik ini juga mengalami magnetisasi secara spontan ketika diletakkan di dalam medan magnet. Ketika medan magnet ditiadakan maka sifat magnetik masih melekat pada benda-benda ini. Contoh bahan yang tergolong feromagnetik seperti atara lain besi, nikel, dan kobalt.  Bahan bahan ini juga bisa dijadikan bahan pembuatan magnet permanen.

Itulah tadi sekilas tentang sifat-sifat magnet dan jenis-jenis benda berdasarkan sifatnya terhadap magnet. Semoga bermanfaat.

Categories: rumus fisika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings