X

Manfaat Unsur Logam bagi Manusia

[su_dropcap style=”simple” size=”6″]U[/su_dropcap]nsur logam yang ada di alam punya beragam manfaat di berbagai bidang, mulai digunakan untuk industri, kosmetik, obat, dan sebagainya. Kali ini rumushitung.com akan membahas khusus 5 jenis unsur logam yang sering digunakan dalam kehidupan manusia. Logam tersebut adalah seng, tembaga, perak, besi, dan emas. Kelimanya memiliki karakteristik yang unik sehingga banyak memiliki manfaat untuk berbagai tujuan. Unsur-unsur logam ini juga telah digunakan selama ribuan tahun sampai sekarang. Kelima unsur logam tersebut juga bereaksi dengan unsur yang lain membentuk senyawa yang kemudian memiliki manfaat yang banyak.

Seng

Seng adalah anggota dari unsur golongan II B dalam tabel periodik kimia. Seng memiliki nomor atom 30 dan dilambangkan dengan dua huruf Zn. Manfaat unsur logam ini terbilang sangat banyak dan penting. Kuningan contohnya. Kuningan adalah paduan antara tembaga dan seng. Alloy ini telah digunakan sejak abad kesepuluh. Hari ini, kuningan menjadi paduan yang sangat penting yang digunakan dalam industri peralatan rumah tangga dan pembuatan berbagai alat musik. Senyawa seng lainnya seperti seng karbonat dan seng glukonat digunakan sebagai suplemen diet, seng klorida digunakan dalam deodoran yang berfungsi menyerap bau tidak sedap, seng pirition digunakan dalam shampoo anti ketombe, seng sulfida menjadi bahan penting dalam cat.

Tembaga

Manfaat unsur logam tembaga antara lain sebagai bahan konduktor panas dan listrik karena konduktivitasnya yang tinggi, untuk pipa air karena sifatnya yang kurang reaktif, sebagai bahan bangunan, dan digunakan untuk berbagai paduan logam. Ion tembaga Cu2+ bersifat sangat beracun bagi organisme dan digunakan untuk fungisida dan germisida. Beberapa jenis oksida tembaga bersifat superkonduktor.

Perak

Perak adalah unsur logam dengan nomor atom 47 dan symbol Ag (Argentum). Perak memiliki konduktivitas listrik yang paling tinggi jika dibandingkan dengan unsur logam lainnya. Konduktivitasnya melebihi logam tembaga. Akan tetapi karena harganya yang jauh lebih mahal membuatnya tidak jadi pilihan utama industri. Senyawa perak seperti perak nitrat banyak digunakan sebagai bahan disinfektan, zat anti mikroba dan digunakan dalam industri film dan fotografi.

Besi

Besi atau yang dalam bahasa inggris disebut iron atau dalam bahasa latin disebut ferrum adalah unsur dengan kelimpahan nomor 4 di kerak bumi. Campuran dari logam ini memiliki banyak macam dan kegunaan. Besi merupakan unsur logam transisi yang banyak digunakan karena kuat, jumlahnya relatif banyak di alam, dan mudah untuk diolah. Dalam keadaan murni besi bersifat tidak keras, tetapi setelah dicampur dengan sedikit karbon dan logam lain, besi menjadi paduan baja yang sangat kuat.

Unsur besi juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh manusia. Besi menjadi unsur penting dalam hemoglobin yang berperan dalam mengikat oksigen yang akan digunakan untuk pembakaran (menghasilkan energi).

Emas

Emas atau aurum adalah logam dengan nomor atom 79. Logam ini termasuk logam yang mudah dibentuk tetapi ulet. Emas memiliki sifat tidak reaktif dan toksivitasnya rendah. Emas telah menjadi peran penting dalam perdagangan dan keuangan. Banyak peradaban manusia memanfaatkan logam ini sebagai standard untuk menilai mata uang.  Selain sebagai perhiasan emas digunakan juga dalam dunia kedokteran gigi (bahan tambalan), sebagai reflektor inframerah pada satelit angkasa.

Itulah tadi sobat, beberapa manfaat unsur logam bagi kehidupan manusia. Masih banyak jenis logam dan manfaatnya bagi manusi selain logam-logam tersebut di atas. Jika sobat menemukannya jangan ragu-ragu menuliskan manfaat logam tersebut di kolom komentar di bawah.

Categories: kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings