X

Rumus Excel HLOOKUP berikut Contohnya

Selain vlookup masih ada satu rumus lookup dan reference yang cukup familiar bagi kita yaitu Hlookup (Horizontal Lookup). Meskipun penggunaannya tidak sesering Vlookup akan tetapi rumus ini sekali waktu pasti akan kita butuhkan. Rumus Vlookup digunakan untuk mencari sebuah nilai pada baris paling atas pada sebuah kolom kemudian dengan acuan nilai tersbut kita mengambil data pada baris yang kita tentukan.

Rumus Excel  Hlookup

Sintaks

= HLOOKUP (lookup_value, table_array, row_index_num, [range_lookup])

Keterangan

Lookup Value
Adalah nilai yang dijumpai pada baris pertama dari tabel array. Lookup Value bisa berupa data angka, teks, atau reference.

Tabel Array
Adalah tabel yang menyediakan data yang akan dicari dengan Hlookup. Bari pertama dari tabel array hlookup adalah lookup value.

Row Indeks Number
Adalah nomor baris letak data yang akan ditampilkan dengan menggunakan fungsi Hlookup. Pada prinsipnya ini sama seperti nomor kolom pada rumus Vlookup. Jika nomor baris ini sobat masukkan angka kurang dari 1 maka hasilnya kana #VALUE dan jika sobat memasukkan nomor baris yang lebih jika dibanding dengan jumlah baris yang ada di tabel array maka hasilnya #REF!.

Range Lookup
Untuk menentukan apakah menggunakan nilai yang tepat sama (Exact Match) atau nilai yang mendekati (Approximate Match).  Untuk nilai yang tepat sama sobat bisa memasukkan FALSE atau 0 dan untuk nilai pendekatan sobat bisa memasukkan TRUE atau 1.

Contoh Aplikasi

Sobat disediakan tabel sumber data dengan format sebagai berikut:

Dari data tersebut kita akan menampilkan data nama, umur, dan alamat dengan format sajian

Nama Umur Alamat

untuk menyajikan data di atas kita akan memakai lookup value nama. Dengan rumus sebagai berikut

Data Umur
Dicari dengan menggunakan Hlookup dengan lookup value nama dan nomor baris 2


Data Alamat
Dicari dengan menggunakan rumus Hlookup dengan lookup valeu nama dan nomor baris 3

Menggunakan Hlookup dengan Function Wizard

Jika sobat sedang malas ngetik rumus hlookup satu persatu, sobat bisa menggunakan fitur function wizard yang ada di Ms. Excel. Caranya:

1. Pilih sel tempat dimana hasil lookup akan ditampilkan, kemudian

  • untuk microsoft excel 2007, 2010, 2013 pilih ribbon formula → klik icon insert function (bisa memakai shortcut SHIFT + F3)
  • untuk microsoft excel 2003 bisa dengan memilih menu insert → function
  • kemudian pilih kategori Lookup & Reference dan pilih function Hlookup

2. Masukkan cell atau range dan angka untuk mengisi Lookup Value, Table Array, Row Index Number, dan TRUE or FALSE untuk Range Lookup dengan cara klik icon disebelah kanan kotak kemudian selet cell yang diinginkan.

3. Tekan ENTER.

Perbedaan HLOOKUP dan VLOOKUP

  • Vlookup mematch-kan data dengan melihat secara vertikal bergerak mulai dari sel paling atas sedangkan Hlookup me-match-kan data dengan melihat (bergerak) dari kiri kekanan dari sel yang paling kanan.
  • Di Vlookup, lookup value berada pada kolom paling kiri sedangkan di Hlookup, lookup value berada pada baris paling atas.

 Biar lebih paham sebaiknya sobat mempraktekannya langsung di Ms. Excel di komputer masing-masing. Dalam aplikasinya rumus HLOOKUP bisa punya banyak case dengan tingkat kerumitan yang berbeda-beda. Jika Sobat punya masalah terkait rumus HLOOKUP ini jangan ragu untuk menanyakannya kepada Tim kami melalui kotak komentar di bawah. Selamat mencoba.

Categories: rumus excel
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings