X

Apa itu Rumus Slovin?

Sobat di rumah, adakah diantara kalian yang tahu apa itu Rumus Solvin? Jika belum pernah tahu berikut kami berikan penjelasan sederhana tentang rumus tersebut. Jika sobat melakukan sebuah penelitian ilmiah pasti tidak lepas dari yang nananya sampel (Inggris : Sample). Sampel digunakan pada kondisi jumlah total polulasi yang menjadi objek penelitian tidak bisa kita amati satu persatu dengan berbagai kendala dan alasan. Nah disinilah kita mengambil sebagian dari seluruh populasi tersebut untuk dijadikan sebagai sampel. Ini yang disebut sampel. Berapa besar sample yang harus diambil? 60%? 70%? atau cukup 40%? Jawabannya bisa sobat temukan dengan menggunakan rumus slovin. Rumus slovin digunakan sebagai salah satu cara untuk menghitung jumlah sample yang tepat dari suatu populasi.

Apa itu Sampling?

Ketika kita menerapkan statistik dalam penelitian ilmiah, pada prinsipnya kita ingin mengetahui perilaku sebuah populasi dengan menggunakan sampel. Kenapa kita harus menggunakan sampel? Itu karena terbatasnya sumber daya yang kita miliki. Entah itu uang maupun tenanga. Misalkan sobat ingin meneliti perilaku vegetarian di Jakarta, tidak mungkin sobat akan meneliti tiap orang di Jakarta yang jumlahnya hampir mencapai 10 juta orang. Anggaplah dari 10 juta ada 50.000 orang vegetarian. Sangat tidak mungkin jika kita mengambil data dari populasi sebanyak itu tanpa sokongan dana, waktu, dan sumber daya lain yang cukup.

Setelah kita tahu tidak mungkin mengambil data dari semua populasi maka kita kecilkan jumlahnya dalam bentuk sample. Pertanyaan berikutnya yang harus dijawab, bagaimana sobat mengetahui jumlah atau ukuran sampel tersebut cukup untuk mewakili perilaku dari keseluruhan populasi? Disinilah ada yang namanya rumus solvin. Meskipun bukan metode satu-satunya tapi rumus solvin menjadi salah satu formula yang banyak digunakan untuk menentukan jumlah sample (dari segi kuantitatif saja).

Rumus Sovlin dan Cara Menggunakannya

Sobat bisa menggunkan rumus slovin untuk mencari tahu ukuran sample yang perlu sobat ambil. Secara matematis rumus slovin ditulis:

n = N / (1+Ne2)

Keterangan
n = jumlah sampel
N = jumlah total populasi
e = toleransi error

Contoh Kasus

Sobat akan melakukan penelitian pada populasi sebanyak 1000 orang. Coba tentukan jumlah sampel yang ingin diambil jika diinginkan akurasi 95% dan 98%.

Jawab
Akurasi 95%, toleransi error 5%
n = N / (1 + Ne2)
n = 1000 / (1 + 1000. (0,05)2)
n = 285,714286
n = 286 objek sampel

Akurasi 98%, toleransi error 2%
n = N / (1 + Ne2)
n = 1000 / (1 + 1000. (0,02)2)
n = 714,286
n = 715 objek sampel

Siapa yang Menemukan Rumus Slovin

Penulis sedikit penasaran siapa sebenarnya yang pertama kali menemukan rumus slovin ini. Setelah mencari referensi buku dan googling ternyata sampai saat ini belum ada yang tahu persis siapa penemu rumus ini. Ketika penulis buka di foruma yahoo ternyata tidak ada yang bisa menjawab. Sobat bisa mencobanya. Ada yang bilang Mark Slovin, ada yang mengatakan Michael Slovin, ada juga yang bilang rumus itu berasal dari Kulkol Slovin. Mungkin pembaca ada referensi valid siapa sebenarnya yang menemukan rumus slovin?

Categories: statistika
Tags: rumus slovin
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings