X

Mencari Rata-Rata dengan Ms. Excel

Morning gaes, kali ini kita akan berbagi lagi sesuatu tentang rumus excel. Dalam statistik ada yang namanya ukuran pemusatan sebuah data, termasuk di dalamnya ada yang namanya mean (rata-rata), modus (nilai yang paling banyak muncul), dan median (nilai tengah).

Salah satu yang paling sering kita aplikasikan dari ketiga hal tersebut adalah mean atau rata-rata. Sobat bisa mendapatkan nilai rata-rata dengan menjumlah sekelompok bilangan kemudian membaginya dengan dengan jumlah anggota kelompok tersebut.

Contoh rata-rata dari 4,5,6,7,4,4 sama dengan 30/6 = 5. Angka 30 adalah jumlah semua angka dan angka 6 adalah jumlah anggota bilangan.

Menghitung Rata-Rata dengan Excel

Untuk mempermudah kita, spreadsheet excel punya rumus yang bisa digunakan untuk menghitung rata-rata dengan cepat. Rumus tersebut adalah AVERAGE

Syntax dari rumus average

= AVERAGE (angka1, angka 2, angka 3, …., dst)

angka 1, angka2, dan seterusnya adalah angka yang  akan dicari rata-ratanya. Angka-angka tersebut bisa berupa:

a. daftar angka yang sobat masukkan secara manual seperti = AVERAGE (8,9,5,4)
b. cell referensi yang terpisah seperti = AVERAGE (A1,B7,C9)
c. range yang berisi data yang akan dirata-rata seperti = AVERAGE (A1:A10)
d. nama sebuah range. Misal sobat telah memberi nama range A1:A10 dengan nama rata2 maka untuk mencari rata-rata bisa menggunakan rumus =AVERAGE (rata2)

Biar lebih jelas kita coba praktek dengan cara berikut


Perhatikan gambar di atas. Range yang di rata-rata di atas terdiri dari 5 cell berisi data angka, 1 cell berisi data teks dan 1 cell kosong (blank).

Kemudian di cell C2 kita masukkan rumus

= AVERAGE (A1:A7)

hasilnya adalah 4,8. Hasil ini sama hasil penjumlahan (2+2+5+9+6) dibagi 5. Jadi

– Cell A4 diabaikan karena berisi data dengan format teks
– Cell A5 diabagikan karena cell kosong (blank cell)

Menghitung rata-rata selain dengan mengetik rumus manual seperti di atas bisa juga dilakukan dengan menggunakan menu functions di fungsi statistika. Perhatikan ilustrasi berikut

gambar gif

Cell Kosong dan Cell Bernilai Nol

Dalam perlakuannya, rumus average membedakan antara cell kosong dengan cell yang berisi angka nol. Keduanya berbeda. Jika cell kosong akan diabaikan tetapi cell yang berisi angka nol akan tetap diikutkan dalam perhitungan. Yang perlu sobat perhatikan adalah secara default memang nilai nol akan ditampilkan oleh excel dengan memunculkan angka “0”. Akan tetapi siapa tahu settingan sudah diubah sehingga angka nol tidak ditampilkan. Untuk memastikannya lakukan langka berikut

– Klik office button di sebelah kiri atas kemudian klik excel option

– pilih tab advanced pada bagian display options for this worksheet, pastikan tanda cek aktif pada pilihan “Show a zero cells that have zero value”

Menggunakan AutoAverage

Excel punya jalan pintas untuk menghitung rata-rata dari sebuaha data. Sobat bisa menggunakan fitur auto average di pilihan di bawah icon auto sum.

Secara default excel kemudian akan memilihkan secara otomatis range yang akan di rata-rata. Bagimana excel memilihkan range tersebut:

  • Range yang dipilih adalah range yang hanya berisi angkat. Jika ada data selain angka maka range akan berhenti sampai sebelum data selain angka tersebut.
  • Penggunaan auto average didesin untuk dimasukkan pada cell di paling bawah kolom atau di paling kanan row dari data.

Biar ngga bingung dan penasaran silahkan sobat coba di rumah ya. Sekian belajar kita tentang mencari rata-rata di excel. Semoga bermanfaat. Kalau ada yang ditanyakan tentang rumus rata-rata excel di atas, silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah. 😀

Categories: rumus excel
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings