X

Mengenal Jenis-Jenis Segitiga

Jika sobat perhatikan, gambar risoles di bawah ini adalah bentuk bangun datar segitiga. Ia memiliki tiga sisi dan tiga buah titik sudut. Lalu, termasuk ke dalam jenis segitiga apakah bentuk risoles tersebut?

Apa itu Segitiga?

Segitiga adalah sebuah bangun dua dimensi (bangun datar). Sobat bisa mengartikannya sebagai sebuah segibanyak (poligon) yang memiliki sisi sebanyak tiga. Karena jumlah sisinya ada 3, segitiga sering juga disebut sebagai trigon. Setiap segitiga memiliki tiga buah sisi dan tiga buah sudut. Berdasarkan bentuknya ada berbagai macam segitiga yang bisa kita jumpai. Apa saja? temukan jawabannya di bawah ini.

Jenis Jenis Segitiga

Sembarang Sama Kaki Sama Sisi
Segitiga Lancip Segitiga Tumpul Segitiga Siku-Siku
Segitiga Sama Sudut

Klasifikasi jenis segitiga bisa dilakukan dengan menggunakan 2 cara. Klasifikasi berdasarkan (panjang) sisinya dan klasifikasi berdasarkan besar ketiga sudutnya.

Jenis Segitiga Berdasarkan Sisinya

Segitiga Sembarang (Scalene)

adalah sebuah segitiga yang tidak mempunyai sisi yang sama. Ketiga sisinya memiliki panjang yang berbeda-beda. perhatikan gambar segitiga di sembarang di bawah ini

Ketiga sisi dari dari segitiga di atas yaitu AB, BC, dan CA tidak ada yang sama panjang. Jadi ia dinamakan segitiga sembarang.

Segitiga Sama Kaki (Isosceles triangle)

adalah sebuah segitiga  yang memiliki dua sisi yang sama panjang. Dia memilikia sepasang kaki (sisi) yang sama.Karena memiliki dua kaki yang sama maka ia juga memiliki dua sudut yang sama. Sisi AB sama panjang dengan sisi AC.

Segitiga Sama Sisi (Equilateral Triangle)

adalah sebuah segitiga yang memiliki sisi yang sama sebanyak 3 buah. Semua sisinya sama panjang. Perhatikan contoh segitiga sama sisi berikut.

Sisi AB sama dengan BC sama dengan CA.

Jenis Segitiga Berdasarkan Besar Sudutnya

Berdasarkan besar sudut yang ada di ketiga tepinya, sebuah segitiga bisa dikelompokkan dalam jenis-jenis sebagai berikut:

Segitiga Tumpul (Obtuse Triangle)

adalah sebuah segitiga yang memiliki satu titik sudut yang besarnya lebih dari 90 derajat. Kenapa hanya satu sudut? Alasannya karena tidak mungkin membuat segitiga yang memiliki lebih dari satu sudut yang besarnya > 90 derajat.

Karena da satu sudut yang nilainya 125 derajat (lebih dari 90) maka segitiga di atas disebut segitiga tumpul.

Segitiga Lancip (Acute Triangle)

Lawan dari segitiga tumpul adalah segitiga lancip. Ciri-ciri segitiga ini adalah semua sudutnya kurang dari 90 derajat. Perhatikan contoh berikut

Segitiga Siku-siku (Right Triangle)

Jika 1 sudut lebih dari 90 disebut tumpul, 3 sudut semua kurang dari 90 disebut lancip, maka jika ada sudut yang pas bernilai 90 disebut segitiga siku-siku. Di dalam segitiga ini berlaku teorema phytagoras.

Segitiga Sama Sudut (Equangular Triangle)

Adalah sebuah segitiga yang memiliki 3 buah sudut yang besarnya sama. Setiap sudut memiliki besar 60 derajat. Segitiga ini sama persis dengan segitiga sama kaki.

Buat latihan sobat, coba tebak termasuk segitiga apakah bangun datar di bawah ini.

Soal 1

[su_spoiler title=”Jawaban” icon=”plus-circle”]Segitiga Tumpul, Karena ketiga sudutnya kurang dari 90 derajat[/su_spoiler]

Soal 2

[su_spoiler title=”Jawaban” icon=”plus-circle”]Segitiga Siku-Siku, perhatikan itu hanya sebuah segitiga siku-siku yang diputar. :D[/su_spoiler]

Soal 3

[su_spoiler title=”Jawaban” icon=”plus-circle”]Gambar di atas bukan termasuk jenis segitiga apapun. Bangun tersebut adalah segiempat tidak beraturan.[/su_spoiler]

 

Categories: rumus matematika
Tags: bangun datar
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings