X

Satuan Jumlah Lusin, Kodi, Gross, dan Rim

Ilustrasi:
Suatu hari di bulan Mei, ibu Melinda membeli 1 lusin buku diary untuk dibagikan kepada keemapt putrinya. Ia telah membayar namun belum sempat mengambilnya. Ketika sampai di rumah ibu Melinda meminta tolong kepada Rina putri sulungnya untuk bergegas ke toko buku. Akan tetapi Rina hanya ingat bahwa jumlah bukunya adalah 1 lusin dan ia belum tahu berapa buah satu lusin itu. Dapatkah sobat membatu Rina menghitung jumlah buku diary yang harus diambilnya?

Menyatakan jumlah dari sebuah benda atau menyatakan ukuran sebuah besaran bisa sobat lakukan dengan menggunakan angka arab dari nol hingga tak hingga, kombinasi dari angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Namun demikia dalam praktek sehari-hari di Indonesia digunakan banyak sekali satuan  khsusu yang menunjukkan jumlah sebuah benda seperti satuan lusin, kodi, gross, rima, carat, lot, dan sebagainya. Berikut pembahasan satu persatu.

Baca Juga: Konversi Satuan Lengkap. Jika sobat bingung dalam mengkonversi besaran silahkan baca strateginya di sini.

Satuan Lusin

Lusin adalah kata serapan yang diambil dari bahasa belanda dozijn yang berarti 12. Dalam bahasa inggris disebut dengan dozen. Jika sobat menemui istilah 1 lusin atau 1 dozen bermakna ada 12 buah barang. Satuan ini sering digunakan untuk benda berupa buku, perabot dapur seperti gelas dan piring, lilin, pensil, kaleng, rentengan produk dan sebaginya. Jika sobat punya 5 lusin pensil berarti total pensil yang sobat punyai adalah sama dengan 5 x 12 atau 60 buah.

Satuan Kodi

Satuan unik lain yang mungkin cukup asing ditelinga sobat saat ini salah satunya adalah kodi. Kodi adalah istilah untuk satuan dalam jumlah 20. Satu kodi sama juga dengan 20 buah. Dua kodi setara dengan jumlah 40 buah, dan seterusnya. Jika sobat pernah berkunjung di pasar Tanah Abang pasti akan sering mendengar istilah ini. Kodi banyak digunakan untuk menunjukkan jumlah barang berupa baju. 1 kodi baju = 20 potong baju.

Selain digunakan untuk barang berupa baju kodi juga digunakan untuk benda seprti papan kayu, batang bambu, tas, sepatu, mainan anak, dan sebagainya.

Satuan Gross

Satuan gross memiliki konversi ke satuan jumlah lusin. Satu gros sama dengan 12 lusin atau 12 dozen atau setara dengan 144 buah. Jika ibu dirumah pulang dengan membawa 1 gross garpu berarti ibu membawa sebanyak 144 buah garpu. Jadi jumlah barang dalam lusin yang cukup banyak bisa menggunakan gross. 48 Lusin piring penyebutannya bisa diganti dengan 4 gross pring.

Satuan Rim

Rim umumnya setara dengan 500 helai. Ia digunakan untuk menyatakan jumlah benda seperti kertas. Padahal asal sobat tahu, menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) 1 rima tidak saklek setara dengan 500 helai. Di KBBI disebutkan rima adalah satuan ukuran  dari lembar kertas yang jumlahnya 480 sampai dengan 500 helai.

Rangkuman Tabel Konversi

satuan jumlah setara dengan
Lusin  = 12 buah
Gross  = 12 lusin
Gross = 144 buah
Kodi = 20 buah
Rim = 500 buah

Perhitungan Matematika yang melibatkan Kodi, Lusin, Gross, dan Rim

Soal perhitungan matematis yang melibatkan satuan jumlah unik di atas akan sobat ada di kelas 5 sekolah dasar. Pertanyaannya adalah mengkonversi satuan jumlah lusin, kodi, gross, dan rim ke jumlah sebenarnya atau sebaliknya. Jumlah diketahui dan diminta konversinya ke satuan unik di atas.

Ilustrasi penghitungan:

Ibu irina kulakan barang kebutuhan sekolah untuk dijual lagi di tokok alat tulis miliknya. Hari itu ia membeli 1 gross pulpen, 3 lusin penggaris plastik, 4 lusin buku tulis, 3 rim kertas polio bergaris, dan 15 buah kotak pensil. Jika rincian harga dari masing-masing barang adalah sebagai berikut:

1 buah pulen = Rp1.500
1 buah penggaris = Rp1.000
1 buah buku tulis = Rp2.500
1 lembar folio bergaris = Rp150
1 buah kotak pensil  = Rp4.000

Berapa uang yang dikeluarkan oleh ibu irina?
Untuk menentukan jumlah uang yang harus dibayar, terlebih dahulu satuan barang harus dikonversi menggunakan angka konversi masing-masing. Setelah ketemu jumlah unitnya baru kemudian dikalikan dengan harga satuan untuk menentukan harga yang harus dibayar untuk masing-masing barang. Berikut tabel penyelesaiannya

Barang jumlah setara harga satuan harga
pulpen 1 gross 144 1.500 216.000
penggaris 3 lusin 36 1.000 36.000
buku tulis 4 lusin 48 2.500 120.000
kertas folio 3 rim 1.500 150 225.000
kotak pensil 15 buah 15 4.000 60.000
total uang 657.000

Soal Latihan

  1. Sebuah sekolah akan membangun gedung perpustakaan baru yang memerlukan 500 gross batu bata merah. Jika harga setiap batu bata merah adalah 1.200 dan setiap pembelian 1000 dan kelipatannya akan mendapatkan diskon 2%. Berapakah harga yang harus dibayar sekolah untuk semua batu bata tersebut?
  2. Seorang eksportir batik dari pekalongan medapat pesanan batik dari Singapura seharga 1.500 dollar singapura (kurs rp. 8000). Jika harga penjualan setiap potong batik adalah 50.000, berapa kodi batik tersebut harus dikirim?
  3. Untuk menghadapi tahun ajaran baru 2015 Dina akan membeli buku tulis sebanyak satu setengah lusin dan pulpen sebanyak setengah lusin. Jika harga setiap buku adalah 3.000 dan harga pensil adalah sepertiga harga buku, berapa uang yang harus dikeluarkan oleh Dina?
  4. Ayah membli 3 lusin gelas, ibu membeli seperempat kodi kain, adik membeli dua dozen pensil, dan saya membeli 1/12 gross kotak pensil. Jika dijumlahkan berapa total unit barang yang dibelik oleh ayah, ibu, adik, dan saya?

Silahakn dicoba ya sobat 4 soal konversi satuan lusin, rim, dozen, gross, dan kodi di atas. 😀

rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings