X

Definisi Bilangan Pecahan

Definisi Bilangan Pecahan – Pada hari ini, Senin 5 Oktober 2015, Ibu membeli 20 buah apel malang. Apel tersebut akan dibagikan kepada 3 orang anaknya, Ali, Boni, dan Cena. Ali medapat 10 buah jeruk, Boni mendapat 4 buah, Cena mendapatkan 3 buah, dan sisanya disimpan dalam kulkas.

Dari ilustrasi di atas, Ali memperoleh 10/20 bagian dari total jeruk yang dibeli ibu. Sementara itu boni dan cena masing-masing memperoleh 4/20 dan 3/20 bagian dari jeruk tersebut.

Bilangan seperti 10/20, 4/20, dan 3/20 merupakan bentuk perbandingan banyak jeruk yang didapat oleh setiap anak dengan jumlah jeruk secara keseluruhan disebut dengan pecahan. Pada pecahan-pecahan tersebut ada bilangan-bilangan di bagian atas seperti 10, 4, dan 3 yang disebut dengan pembilang (dalam bahasa inggris disebut numerator) dan bilangan di bagian bawah yang disebut dengan penyebut (dalam bahasa inggris disebut denominator).

Lalu apa sebenarnya arti atau definisi pecahan? Dari penjelasan di atas sobat bisa mengatkan bahwa pecahan sama seperti bagian dari sebuah keseluruhan atau keutuhan. Jika sobat memotong pizza menjadi 4 bagian yang sama maka bagian yang merupakan hasil potongan tersebut bernilai 1/4. Sepertiga inilah yang disebut dengan pecahan (dari kue).

Perhatikan gambar segi empat diatas, luas persegi yang diarsir merupakan bagian (pecahan) dari segiempat yang besar. Berapakah nilai bagian atau pecahan dari daerah yang di arsir tersebut? Jawabannya adalah 3/6. Angka 3 mewakili jumlah bagian yang diarsir dan angka 6 mewakili keseluruhan. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bersama bahwa definisi pecahan adalah

“Pecahan adalah bilangan yang dapat kita nyatakan dalam bentuk perbandingan p/q dengan p dan q adalah anggota bilangan bulat dan q  0. Bilangan p dinamakan dengan pembilang dan bilangan q dinamakan dengan penyebut”

Apa itu Pecahan Campuran?

Ayah memiliki 3 buah kue bolu yang akan dibagikan kepada 2 anak kembarnya sama besar. Masing-masing anak akan menerima 1 buah bolu dan 1/2 bolu. Kita bisa mengatakan bahwa tiap anak memperoleh 3/2 bagian bolu. Bentuk pecahan 3/2 bisa sobat ubah ke dalam bentuk pecahan campuran 1 1/2. Bentuk pecahan ini disebut campuran karena terdiri dari campuran bilangan bulat dan bilangan pecahan.

Contoh
Misalkan kita akan mencari pecahan campuran dari pecahan 75/6, maka sobat bisa menggunakan cara:


Jadi kita dapat simpulkan bahwa definisi dari pecahan campuran adalah bentuk campuran bilangan bulat dan bilangan pecahan dari sebuah pecahan p/q dimana p > q dan q ≠ 0. Ex. 7/5 –> 1 2/5.

Categories: rumus matematika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings