X

Bangun Ruang Balok

Jika sobat perhatikan benda-benda di sekitar kalian, sobat akan menjumpai beberapa benda menyerupai bangung ruang balok. Contohnya seperti kulkas, kardus mie instan, kota pensil, korek api, dan sebagainya. Kenapa benda-benda tersebut dikatakan memiliki bentuk balok? Jawabannya karena ia memiliki bentuk ruang yang sama dengan balok. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu bangun ruang balok?

Coba sobat perhatikan gambar kulkas meja di bawah ini. Jika sobat membuat sketsa geometris dari bangun tersebut akan terbentuk bangun ruang ABCD.EFGH seperti nampak pada ilustrasi. Bangun ruang ABCD.EFGH memiliki 6 sisi persegi panjang (3 pasang) dimana sisi yang berhadapan memiliki bentuk dan ukuran yang sama persis. Bangun dengan karakteristik seperti inilah disebut dengan balok.

Bagian-bagian Balok

Balok tersusun atas banyak komponen dengan nama dan sifat masing-masing. Berikut adalah bagian-bagian balok:

a. Sisi atau Bidang Balok

Dari gambar sketsa kulkas di atas terlihat bahwa bangun tersebut memiliki 6 buah sisi yang berbentuk persegi panjang.

1. Sisi Bawah (ABCD)

2. Sisi Atas (EFGH)

3. Sisi Depan (ABFE)

4. Sisi Belakang (DCGH)

5. Sisi Samping Kiri (BCGF)

6. Sisi Samping Kanan (ADHE)

b. Rusuk

Sebuah balok memiliki 12 rusuk sama seperti rusuk pada kubus. Pada balok terdapat 3 kelompok rusuk yang panjangnya sama. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 buah rusuk. Coba sobat identifikasi mana-mana saja rusuk tersebut.

c. Titik Sudut

Dari balok ABCD.EFGH memiliki 8 buah titik sudut. Masing-masing adalah titik sudut A, B, C, D, E, F, G, dan H.

d. Diagonal Bidang

Perhatikan gambar di atas, Ruas garis AC yang menghubungkan dua titik sudut besebrangan dalam satu sisi disebut dengan diagonal bidang. Jika setiap bidang mempunyai diagonal bidang sebanyak 2 maka jumlah total diagonal bidang pada balok sebanyak 12 buah.

e. Diagonal Ruang

Diagonal ruang adalah garis yang menghubungkan dua buah titik sudut yang saling bersebrangan pada dua sisi yang saling berhadapan. Contohnya ruas garis CE yang menghubungkan titik C dan E merupakan diagonal ruang dari balok. Silahkan sobat identifikasi diagonal ruang balok yang lain.

f. Bidang Diagonal

Bidang diagonal terbentuk dari dua buah diagonal bidang yang sejajar. Coba sobat perhatikan gambar di bawah ini. Diagonal bidang HF dan DB jika digabungkan dengan rusuk DH dan BF akan membentuk sebuah bidang datar yang memotong balok menjadi sama besar. Bidang inilah yang disebut dengan bidang diagonal.

Sifat-Sifat Balok

Secara prinsip sifat yang dimiliki oleh balik mirip sekali dengan sifat yang dimiliki oleh kubus. Berikut sifat-sifat bangun ruang balok:

a. Sisi-sisi balok berbentuk bangun datar persegipanajang.

b. Rusuk-rusuk yang sejajar memiliki panjang yang sama

c. Diagonal bidang dari sisi yang saling berhadapan sama panjang

d. Semua diagonal ruang pada balok memiliki panjang yang sama.

e. Bidang diagonal pada balok selalu berbentuk persegi panjang.

Jaring-jaring Balok

Jika sobat membongkar sebuah kardus mie instan berbentuk balok maka akan di dapat kumpulan bidang datar yang merupakan jaring-jaring balok. Rangkaian jaring-jaring balok pasti terdiri dari 6 buah buah persegi panjang dengan terbagi menjadi 3 pasang. Setiap pasang memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Berikut contoh dari beberapa jaring-jaring balok

Baca Juga : Jaring-jaring balok lengkap

Rumus Luas Permukaan dan Volume Balok

Luas permukkan dari sebuah balok sama dengan penjumlahan semua sisi-sisinya. Jika dibuat rumus singkatnya.

L = 2 (PL + PT + LT)

P = panjang balok

L = lebar balok

T = tinggi balok

Sedangkan untuk rumus volume balok sama dengan perkalian panjang, lebar, dan tingginya.

V = P x L x T

Categories: rumus matematika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings