X

Yuk Kenali Jenis-Jenis Termometer

Jenis-jenis Termometer – Kemarin kita telah belajar tentang suhu dan pengukurannya. Untuk mengukur tinggi rendahnya suhu suatu benda digunakan alat yang disebut dengan termometer. Nah, macam atau jenis-jenis termometer ini ada banyak 3 diantaranya akan kita bahasa pada materi kali ini. Kita akan bahas termometer klinis, termometer ruangan, dan termometer maksimum-minimum.Ketiga termometer ini memiliki karakteristika serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yuk kita simak uraian lengkapnya di bawah ini.

a. Termometer Klinis

Sobat pernah sakit dan diminta oleh dokter untuk mengapit termometer di ketiak? Termometer yang sobat api itu adalah termometer klinis. Termometer ini digunakan oleh para tenaga medi untuk mengetahui suhu dari pasien. Rentang suhu dari termometer ini sangat pendek mulai dari 35 C sampai dengan 42 C. Rentang suhu yang pendek ini menyesuaikan dengan suhu minimal dan maksimal tubuh manusia normal. Dilhat dari bentuknya termometer klinis terdiri dari tabung kaca, bagian ujung yang menyempit, rongga dalam, dan air raksa. Berikut ilustrasi dari termometer klinis.

b. Termometer Ruangan

Seperti namanya, termometer ini memang ditujukan atau difungsikan untuk mengukur suhu ruangan. Rentang skala terendah adalah -20 C dan yang tertinggi adalah 50 C. Termometer ini biasanya ditempelkan pada dinding ruangan agar mudah dibaca setiap saat.

c. Termometer Maksimum-minimum

Termometer ini digunakan untuk pengukran suhu di suatu tempat atau suatu beda. Termometer ini bisa sekaligus mengukur suhu tertinggi dan terendah. Lho kok bisa? Iya karena ia menggunakan du buah termomter yang digabungkan satu persatu. Satu termomter diisi dengan raks dan yang satunya diisi dengan alkohol. Raksa yang memiliki titik didih tinggi digunakan untuk mengukur suhu maksimal sedangkan alkohol yang memiliki titik beku rendah digunakan untuk mengukur suhu minimum. Berikut gambar termometer maksimum-minimum.

Selain termometer di atas ada beberapa macam termometer yang dibedakan berdasarkan materi yang diukur dan juga rentang suhunya. Berikut macam-macam termometer tersebut.

1. Termomter Resistan

Termometer ini dibuat untuk mengukur suhu antara -250 C sampai dengan 700 C dengan mencatat perubahan resistensi dari cairan oleh kismis yang mengalir melalui kawat platinum.

2. Termometer Ganda

Termometer ini adalah versi canggih dari termometer maksimum-minimum. Didesain dengan teknologi digital yang sangat akurat dalam mengukur suhu antara -250 sampai dengan 1600 C.

3. Termometer Infrared

Termometer ini bisa mengukur suhu permukaan suatu benda tanpa perlu ada kontak langsung dengan benda tersebut. Cocok digunakan untuk mengukur suhu dipermukaan bumi atau di permukaan laut. Namun demikian tingkat kesalah dari termometer ini sangat tinggi.

4. Termometer Bimetal

Termometer bimetal didesain untuk mencatat perubahan suhu dari sebuah logam berdasarkan pemuaian dan penyusutan yang dialami.

5. Termometer Kristal Cair

Termometer ini bekerja berdasarkan perubahan warna pada kristal cair karena perubahan suhu. Suhu yang terbaca akan menyebabkan warna pada rentang suhu termometer menjadi lebih gelap. Selain itu termometer ini juga menyediakan layar digital untuk mengetahui suhu yang terbaca.

6. Termometer Gas

Termometer gas adalah jenis termometer yang umum digunakan dalam industri gas. Ia digunakan untuk membantu menjaga suhu konstan ketiga gas disimpan dalam tabung tertutup. Tekanan dari gas digunakan untuk menetukan besar suhu di dalamnya.

Sekian sobat , materi tentang macam-macam termometer semoga bisa membantu belajarnya.

Categories: rumus fisika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings