X

Kumpulan Struktur Lewis berbagai Senyawa

Struktur lewis adalah sebuah diagram yang bisa menggambarkan banyak hal yang terjadi dalam sebuah senyawa. Struktur lewis menggambarkan macam-macam unsur yang ada, jumlah atomnya, interkasi antar elektron valensi, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordiansi dan sebagainya. Untuk lebih jelas tentang definisi dan cara penulisan struktur lewis bisa sobat baca di sini. Khsusu dalam postingan ini kami telah mengumpulkan struktur lewis dari berbagai senyawa maupun molekul ion yang ada seperti Asam Sulfat (H2SO4), Asam nitrat (HNO3), Asam fosfat (HPO4), dan sebagainya.

Asam sulfit (H2SO3)

Dalam senyawa asam sulfit terdapat tiga buah atom O, satu buah atom S, dan 2 buah atom H. Struktur lewisnya seperti tampak pada gambar di atas. Dua atom O berikatan kovalen tunggal dengan S dan satu atom O berikatan kovalen ganda. Dua atom O yang berikatan tunggal dengan atom S juga berikatan kovelan tunggal dengan sebuah atom H.


Asam Sulfat (H2SO4)

Coba sobat perhatikan sturktur di atas, dalam senaywa asam sulfat ada dua ikatan kovalen koordinasi dan 4 ikatan kovalen. Dua ikatan kovalen koordinasi nampak pada titik berwarna hijau yang terjadi pada atom S dengan dua atom O. Empat ikatan kovalen terjadi antara S dengan dua ataom O dan dua atom O dengan atom H.


Ion Sulfat (HSO4)

Struktur lewis ion HSO4- adalah struktur H2SO4 yang kehilangan satu buah atom H sehingga memiliki muatan -1. Jumlah ikatan kovalen koordinasi ada 2 dan ikatan kovalen ada 3.


Asam karbonat (H2CO3)

Dalam struktur lewis asam karbonat terdapat astu ikatan kovalen koordinasi dan 4 buah ikatan kovalen tunggal.


Asam fosfat (H3PO4)

Atom fosfoar sebagai atom pusat, terdapat 1 buah ikatan kovalen koordinasi dan 6 buah ikatan kovalen tunggal.


Asam Nitrat (HNO3)

Dalam struktur fasam nitrat terdapat 1 buah ikatan kovalen koordinasi antara atom pusat N dan atom O sementara sisa ikatan lainnya adalah ikatan kovalen tunggal (3 buah).


Asam Peroksida (H2O2)

Dalam senaywa asam peroksida hanya terdapat 3 buah iaktan kovalen tunggal dan dua buah atom O berperan sebagai atom pusat (tidak ada atom pusat tunggal).


Garam dapur / Natrium Klorida (NaCl)

Struktur lewis dari garam dapur nampak seperti gambar di atas. Karena ikatan yang terjadi adalah ikatan ion maka sobat tidak akan menjummpai ikatan kovalen satupun dalam struktur di atas.


Hidrogen Sulfida


Karbon dioksida (CO2)

Tampak pada gambar dia tas, pada senyawa karbon dioksida terdapat dua buah ikatan kovalen rangkap 2 dan atom C sebagai atom pusat.


Belerang dioksida (SO2)

Terdapat 1 buah iaktan kovalen rangkap 2 dan 2 buah ikatan kovalen koordinasi.


Berilium Triklorida (BCl3)


Berilium Klorida (BCl2)


Berilium Fluorida (BeF2)


Xenon tetrafluorida (XeF4)


Amonia (NH3)


Karbon tetraklorida (CCl4)


Etana (C2H6)


Fosfor Triklorida (PCl3)


Fosfor Pentaklorida (PCl5)


SF6

 Baca Juga : Cara Menggambar Struktur Lewis untuk Molekul Bermuatan

Categories: kimia rumus kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings