X

Gugus Fungsi Senyawa Karbon

Apa itu gugus fungsi senyawa karbon? Tahukah sobat ada banyak sekali senyawa karbon yang ada di dunia. Saking banyaknya sehingga untuk mempelajarinya satu persatu itu sangat susah. Nah, karena alasan itulah para ahli kimia mengelompokkan senyawa-senyawa karbon berdasarkan sifat khas yang dimiliki senyawa-senyawa tersebut.

Munculnya sifat khusus pada senyawa karbon diakibatkan adanya atom atau gugus atom yang menentukan karakteristik senyawa tersebut. Atom atau gugus atom yang menentukan sifat dari senyawa karbon inilah yang kemudian disebut dengan istilah gugus fungsi. Gugus fungsi ini bersifat aktif. Ketika senyawa karbon direaksikan dengan zat lain maka gugus fungsinya yang akan mengalami perubahan.

Berdasarkan keberadaan gugus fungsinya senyawa-senyawa karbon yang mulanya sangat banyak bisa dikelompokkan ke dalam kelompok-kelompok tertentu. Gugus fungsi ini membedakan suatu kelompok senyawa karbon dengan kelompok senyawa karbon lainnya. Berikut kami rangkumkan gugus fungsi senyawa karbon.

Tabel Gugus Fungsi Senyawa Karbon

Berikut pembahasan singkat dari setiap gugus fungsi pada tabel di atas.

Haloalkana (alkil halida)

Gugus Fungsional
Rumus Umum Senyawa :
Contoh : CH3 – Br
nama : metil bromida

Seperti namanya, halo alkana merupakan gugus fungsi yang terdiri dari senyawa halogen dan alkana. Apabila alkana direaksikan dengan halogen akan terjadi halogenasi menghasilkan haloalkana atau juga dikenal dengan sebutan alkil halogenida. Berikut reaksinya:

R – H + X2 → R – X + HX

Alkanol (Alkil Alkohol)

Gugus Fungsional
Rumus Umum Senyawa :
Contoh : CH3 – OH
nama : metanol

Alkanol (alkohol) adalah gugus fungsi yang merupakan turunan dari senyawa alkana. Salah satu atom H dalam senyawa alkan diganti oleh gugus – OH. Alkohol yang memiliki satu gugus – OH disebut monoalkohol dan jika memiliki lebih dari satu gugus – OH disebut polialkohol.

Eter (Alkoksi Alkana)

Gugus Fungsional :  — OR’
Rumus Umum Senyawa : R – O – R’
Contoh : CH3 – O — CH3
nama : metoksi metana

Alkoksi alkana adalah nama IUPAC untuk gugus fungsi senyawa karbon ini. Sedangkan sebutan eter adalah nama trivialnya. Gugus ini memiliki rumus umu R – O – R’. Senyawa ini banyak digunakan untuk bahan obat bius untuk kepentingan medis. Selengkapnya baca : Eter

Alkanal (Aldehida)

Gugus Fungsional
Rumus Umum Senyawa
Contoh : CH3 – COH
nama : asetaldehida

Alkanal (IUPAC) atau yang dalam nama trivialnya disebut dengan aldehid merupakan gugus senyawa karbon yang memiliki rumus R – COH. Gugus fungsi ini selalu berada pada ujung rantai atom C. Senyawa ini dihasilkan dari proses oksidasi alkohol primer dengan menggunakan senyawa KMnO4 atau K2Cr2O7. Sobat tahu pengawet formalin? formalin dihasilkan dari salah satu jenis senyawa alkanal atau aldehid dengan nama formaldehid yang dilarutkan dalam air. Selengkapnya baca : Aldehid

Alkanon (Keton)

Gugus Fungsional  
Rumus Umum Senyawa
Contoh CH3 – CO — CH3
nama propanon

Nama IUPAC dari gugus fungsi ini adalah alkanon dengan nama trivial keton. Keton dibuat melalui reaksi oksidasi alkohol sekunder. Misalnya dalam indsutri pembuatan propanon digunakan alkohol sekunder dengan oksigen dengan bantuan katali tembaga (Cu). Selengkapnya baca : Alkanon

Asam Alkanoat (Asam Karboksilat)

Gugus Fungsional
Rumus Umum Senyawa
Contoh : CH3 – COOH
nama : asam asetat

Asam akanoat atau asam karboksilat mempunyai gugus fungsi sengan rumus – COOH. Senyawa-senyawa ini banyak sekali terdapat di alam seperti pada asam semut, cuka, aple, jambu, jeruk, dan sebagainya. Asam karboksilat yang mmemiliki dua gugus – COOH disebut dengan alkandioat sedangkan yang memiliki tiga gugus – COOH disebut alkanatrioat. Mengenai pembahasan lebih lanjut asam karboksilat bisa sobat baca di Asam karboksilat.

Alkil alkanoat (Ester)

Gugus Fungsional
Rumus Umum Senyawa
Contoh C3H5 – COO — CH3
nama metil propanoat

Sebuah senyawa karbon yang mengikat gugus fungsi – COOR termasuk ke dalam golongan ester (trivial) atau Alkil alkanoat (IUPAC). Senyawa ini berisomer fungsi dengan asam karboksilat karena keduanya memiliki rumus molekul yang sama. Ester dibuat dengan mereaksikan asam karboksilat dengan alkohol dibantu katalis asam sulfat. Contoh:

Selengkapnya tentang gugus fungsi senyawa karbon ini bisa sobat baca di Ester.

Categories: kimia rumus kimia
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings