X

Gerak Lurus Berubah Beraturan – Fisika SMP

Pernahkan sobat mengamati mobil yang bergerak yang akan berhenti atau sedang mulai berjalan? Kira-kira bagaiman kecepatan mobil tersebut? Pastinya kecepatannya akan mengalami perubahan. Ketika akan berhenti kecepatannya akan semakin berkurang dan ketika mulai berjalan kecepatannya akan semakin meningkat. Naik dan turunnya kecepatan ini disebabkan karena adanya percepatan.

Percepatan.

Sebuah mobil yang akan berhenti akan melakukan pengereman sehingga lambat laun kecepatannya akan semakin kecil. Percepatan didefinisikan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu. Perubahan kecepatan di sini adalah selisih antara kecepatan akhir dengan kecepatan mula-mula. Jika dibuat rumus matematisnya maka rumus percepatan adalah sebagai berikut:

keterangan:

a = percepatan (m/s2)
vo = kecepatan mula-mula (m/s)
vt = kecepatan akhir (m/s)
t = waktu (sekon)

Persamaan rumus percepatan di atas bisa juga sobat ubah menjadi

vt = vo + at

Jika sebuah benda memulai gerakannya dari kedudukan awal So pada saat t = 0 dan kedudukannya pada saat t adalah s, maka perpindahan yang dialaminya adalah

Δs = s – so
Δs = v rata2 t
V rata2 = 1/2 (Vo + Vt)

Δs = 1/2 (Vo + Vt) t
Δs = 1/2 (Vo + (vo + at)) t

Δs = vo.t + 1/2 at2

s = so + vo.t + 1/2 at2

Gerak Lurus Berubah Beraturan

Apa sebenarnya Gerak lurus berubah beraturan (GLBB)? Apa bedanya dengan gerak lurus? Ketika kalian memiliki sebuah bola yang dijatuhkan dari ketinggian tertentu perhatikan bahwa semakin lama kecepatan bola tersebut semakin tinggi. Nah dari contoh bola jatuh tersebut dapat kita ambil kesimpulan:

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak sebuah benda yang memiliki lintasan lurus dan mengalami perubahan kecepatan yang sama setiap detiknya atau gerak lurus yang mengalami percepatan yang sama.

Gerak lurus sebuah benda yang kecepatannya semakin meningkat seiring bertambahnya waktu disebut gerak lurus dipercepat, sebaliknya jika kecepatannya semakin turun seiring bertambahnya waktu maka disebut gerak lurus diperlambat. Untuk lebih memahami tentang GLBB sobat bisa melakukan percobaan dengan menggunakan ticker timer dan mobil-mobilan berikut ini.

Gerak Lurus Berubah Beraturan (Dipercepat)

Tujuan Praktik:
Mengamati gerak lurus berubah beraturan yang dipercepat.

Alat dan Bahan:
Landasan dengan permukaan rata, sebuah mobil mainan, beberapa buah buku tebal, ticker timer berikut pita ketikannya, sebuah gunting, dan yang terakhir adalah kertas polos.

Langkah Praktikum:

  1. Buatlah sebuah landasan berbentuk miring ke bawah dengan menggunakan papan dan tumpukan buku. Pada ujung landasan (bagian atas) letakkan ticker timer kemudian ikatkan pitanya pada mobil mainan. Perhatikan gambarnya seperti berikut:

  2. Lepaskan mobil dari ujung atas landasan sampai bergerak sendiri ke bawah. Amati kedepatan gerak mobil akan semakin cepat.
  3. Lakukan pengamatan pada ketikan di pita ticker timer. Perhatikan besar jarak antar titik pada pita tersebut.
  4. Gunting pita ticker timer pada setiap jarak 5 titik kemudian tempelkan pada kertas polos yang sudah disiapkan.

Jika memang gerakan mboil tersebut di atas dipercepat, maka sobat akan mendapatkan hasil praktikum sebagai berikut

  1. Jarak antar dua titik pada pita ticker timer yang bedekatan semakin bertambah secara tetap.
  2. Tinggi potongan tiap pita yang ditempelkan pada kertas polos akan semakin bertambah panjang secara tetap.

Jika sobat merupah landasan mobil-mobilan menjadi bidang miring dari rendah ke tinggi maka mobil akan bergerak diperlambat dah hasil pengamatan pada ticker timer akan menunjukkan hal yang sebaliknya. Sekian dulu materi kami tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) untuk kalian yang duduk di kelas VII SMP. Kalau ada tugas atau PR yang tidak bisa jangan ragu untuk menanyak pada PR-sekolah.com.

Categories: rumus fisika
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings