X

5 Alat Indera pada Manusia

Bisakah Kamu Menyebutkan Sistem Indera?Jika Belum, Inilah 5 Sistem Indera Manusia. Pada dasarnya, sistem indera manusia terdiri atas beberapa organ tubuh, yang mana organ tubuh ini sangat peka terhadap rangsangan tertentu. Setidaknya ada lima macam indera manusia yakni mata, telinga, hidung, kulit dan juga lidah.

Ke lima indera ini akan berfungsi baik jika saraf saraf yang berfungsi membawa rangsangan bekerja dengan baik juga. Selain itu, kinerja otak juga menjadi salah satu faktor baik tidaknya kinerja  suatu indera.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang ke lima indera yang dimiliki manusia, inilah ulasannya.

Mata

Mata merupakan organ penglihatan yang menerima rangsangan berupa sinar cahaya. Bola mata manusia terletak didalam rongga mata dan beralaskan lapisan lemak. Bola mata ini dapat bergerak dengan bantuan otot disekitar mata, muskulus rektus okuli inferior yang berfungsi menggerakan bola mata dan muskulus obliques okuli superior yang berfungsi memutarkan bola mata kebawah dan keatas.

Didalam mata juga terdapat otot mata yang berfungsi membuka dan menutup kelopak mata. Selain beberapa organ yang telah disebutkan diatas tentunya masih banyak lagi bagian lain dari mata.

Lanjut ke sistem indera manusia yang selanjutnya adalah telinga.

Telinga

Berbeda dengan mata yang peka dengan rangsangan cahaya, telinga ini sangat peka terhadap suara. Telinga sendiri mampu mendengar suara dengan frekuensi kurang lebih 20 sampai 20.000 Hz.

Selain sebagai indera pendengar, ternyata telinga ini juga mempunyai fungsi lain yaitu mampu menjaga keseimbangan tubuh.

Sama seperti mata, telinga ini juga mempunyai beberapa bagian. Yang mana bagian telinga ini secara umum dibagi menjadi tiga bagian yakni telinga bagian luar, telinga bagian dalam dan telinga bagian tengah.

Hidung

Hidung merupakan sistem indera yang menanggapi rangsangan berupa bau ataupun zat kimia lain yang berupa gas.

Pada saat kamu bernapas, zat kimia yang berupa gas ikut masuk kedalam hidung. Zat kimia yang merupakan sumber bau selanjutnya akan dilarutkan pada selaput lendir, setelah itu akan merangsang rambut rambut halus pada sel pembau. Sel pembau inilah yang akan meneruskan rangsangan ke otak sehingga kamu bisa mengetahui jenis bau yang sedang kamu hirup.

Lidah

Lidah merupakan indera yang peka terhadap rangsangan zat kimia larutan. Lidah sendiri mempunyai otot yang tebal, yang mana pada permukaanya dilindungi oleh lendir dan penuh dengan bintil bintil.

Kamu dapat merasakan makanan pada lidah karena didalam lidah terdapat reseptor yang dapat menerima rangsangan. Reseptor itu adalah kuncup pengecap atau vavila pengecap. Kuncup pengecap merupakan kumpulan ujung ujung saraf yang terdapat pada lidah manusia. Akan tetapi, tidak semua bagian lidah peka terhadap rasa dan daerahnya pun juga khusus untuk rasa tertentu.

Pada saat kamu makan sambal, kamu sering merasakan rasa pedas. Rasa pedas yang kamu rasakan ini merupakan bukan hasil dari kepekaan rasa pada kuncup pengecap. Melainkan merupakan suhu panas pada papilia sehingga mengembang dan menyebabkan timbulnya rasa pedas.

Dan sistem ini yang kali ini akan kita bahas adalah kulit.

Kulit

Kulit merupakan indera yang sangat peka terhadap rangsangan berupa sentuhan, panas, dingin, nyeri, sakit dan tekanan. Kepekaan tersebut disebabkan karena adanya ujung ujung saraf yang terdapat pada kulit manusia. Pada umumnya, ujung saraf pada indera peraba ada dua macam yakni ujung saraf bebas yang berfungsi mendeteksi rasa nyeri serta ujung saraf yang berselaput yang mampu mendeteksi tekanan, panas, dingin dan sentuhan.

Setidaknya itulah ulasan singkat tentang beberapa organ atau sistem indera yang penting bagi manusia. Semoga bermanfaat.

Categories: Lain-lain
Tags: alat indera
rumus hitung:
X

Headline

Privacy Settings